CEK FAKTA: Beredar Video ‘Aku Butuh PKI’, Benarkah? – Suara.com
By: Date: 11 Oktober 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Suara.com – Beredar di media sosial sebuah video yang menyampaikan narasi bahwa pernyataan dari kader PDIP yang menyebut dirinya butuh PKI.

Dalam video yang diunggah oleh akun Facebook Bunga Mawar, tampak beberapa pria beratribut PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan).

Mereka diklaim mengatakan kalimat yang berbunyi ‘Aku butuh PKI’.

Dalam unggahan itu juga ditulis bahwa PDIP harus dibubarkan suatu saat nanti karena kadernya menyampaikan pernyataan seperti yang dinarasikan dalam thumbnail video.

Berikut narasi selengkapnya:

Narasi dalam video:

“AKU BUTUH PKI”

Narasi postingan:

“Itulah makanya PDIP harus dibubarkan suatu saat nanti”

Lantas benarkah narasi tersebut?

Cek fakta video 'Aku Butuh PKI' (turnbackhoax.id)
Cek fakta video ‘Aku Butuh PKI’ (turnbackhoax.id)

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran tim cek fakta turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, diketahui bahwa klaim yang disampaikan dalam video tersebut tidaklah benar.

Pasalnya, diketahui bahwa orang-orang dalam video tersebut bukan meneriakkan kalimat ‘Aku butuh PKI’ melainkan ‘Aku dudu PKI’, yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Aku bukan PKI’.

Hal ini diketahui dari video berjudul ‘AKU PDI PERJUANGAN, AKU DUDU PKI’ (Aku PDI Perjuangan, Aku Bukan PKI) yang diunggah di kanal Youtube Desy Tiyana pada 27 Juni 2020 silam.

Kata ‘dudu’ berasal dari bahasa Jawa memiliki arti ‘bukan;lain;beda’. Dengan demikian, konteks kalimat yang diteriakkan dalam video tersebut berarti ‘Aku bukan PKI’.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, konten yang disebarkan oleh akun FB Bunga Mawar tidaklah benar. Konten tersebut masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].