Cek Fakta: Beredar Video Mayat Hidup Lagi Saat Terbaring, Simak Faktanya – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat
By: Date: 27 Juni 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

PIKIRAN RAKYAT – Beredar video yang menunjukkan mayat yang tiba-tiba bangkit saat terbaring hingga membuat para pelayat lari ketakutan.

Dalam keterangan video yang diunggah oleh akun TikTok @racun.shopee1290 tersebut dituliskan, saat salah seorang sedang memberi sambutan dalam takziah tiba-tiba mayat bangun menghampiri para pelayat.

Dalam video yang beredar tampak sesosok manusia mengenakan pakaian serbaputih selayaknya jenazah tiba-tiba berdiri dan muncul ke hadapan para pelayat sehingga membuat mereka lari.

Video tersebut diunggah pada Sabtu 25 Juni 2022 dan saat berita ini ditulis, video tersebut telah diputar sebanyak lebih dari 500 ribu pengguna TikTok.

Baca Juga: Cek Fakta: Tersebar Foto Jokowi Memangku Wanita Berbikini di Tepi Pantai, Simak Faktanya

Video tersebut juga telah dibagikan sebanyak lebih dari 500 kali dan mendapat 31 ribu lebih likes.

Berdasarkan penelusuran Pikiran-Rakyat.com, ditemukan fakta bahwa video tersebut adalah video di balik layar dari sebuah film yang tayang di kanal YouTube Deedee Ka dengan judul Kumat.

Potongan video dari akun @racun.shopee1290 yang tersebar di TikTok, serupa dengan adegan di film Kumat pada menit 30 detik 40.

Dalam adegan tersebut diceritakan bahwa salah satu tokoh dalam film tersebut sedang melakukan prank kepada masyarakat desa dengan berpura-pura mati.