Cek Fakta Jalan Tol Macet Parah Gara Gara Mobil Esemka Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 3 Juli 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar sebuah narasi yang menyebutkan mobil Esemka membuat macet di jalan tol. Narasi ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun facebook Achmad Saepudin mengunggah narasi ini pada 24 Juni 2021. Berikut isi narasi unggahan tersebut.

“Gara2 esemka jln tol macet parah…”

Dalam unggahannya ia mencatut artikel berjudul “Jokowi Angkat Bicara Soal 7.000 Mobil Esemka Tak Jelas Kabarnya, Begini Katanya”
 
[Cek Fakta] Jalan Tol Macet Parah Gara-Gara Mobil Esemka? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim bahwa mobil Esemka membuat macet jalan tol adalah salah. Faktanya, mobil Esemka belum banyak beredar di jalanan dan tidak ada informasi valid mobil Esemka banyak beredar di sejumlah daerah.
Dilansir dari cnbcindonesia.com, baru ada satu tipe mobil Esemka yang secara resmi mulai diproduksi massal. Presiden Jokowi langsung yang meresmikan sekaligus menyaksikan peluncuran Esemka Bima, produk PT SMK yang akan diproduksi massal September tahun lalu.
 
Mobil Esemka Bima berjenis pick up dengan mesin 1.300 cc yang dipertuntukan segmen komersial termasuk pertanian. Mobil ini dibanderol Rp95 juta off the road, artinya belum bisa bebas melenggang di jalan raya, sedangkan harga on the road Rp110 juta.
 
[Cek Fakta] Jalan Tol Macet Parah Gara-Gara Mobil Esemka? Ini Faktanya
 
Dilansir cnnindonesia.com, pabrik mobil Esemka sendiri turut terdampak produksinya selama pandemi covid-19. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut Esemka telah mengurangi jumlah produksi buat menanggulanginya.
 
“Pandemic Covid-19 yang terjadi saat ini di industri otomotif secara umum menyebabkan perusahaan [Esemka] melakukan pengurangan produksi,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika.
 
Sejauh ini pabrik mobil Esemka telah menyelesaikan 35 unit mobil yang dipesan dari TNI-AU. Dilansir dari tribunnews.com, mobil pesanan TNI-Au itu akan digunakan untuk mobil angkutan di landasan pacu di landasan pacu milik TNI-AU.
 
[Cek Fakta] Jalan Tol Macet Parah Gara-Gara Mobil Esemka? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim bahwa mobil Esemka mulai beroperasi dan membuat macet jalan tol adalah salah. Faktanya, mobil Esemka belum banyak beredar di pasaran dan tidak ada informasi valid mobil Esemka banyak beredar di sejumlah daerah.
 
Informasi ini termasuk jenis hoax false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
[Cek Fakta] Jalan Tol Macet Parah Gara-Gara Mobil Esemka? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.cnbcindonesia.com/news/20190906200335-16-97769/dibanderol-rp95-juta-esemka-bima-belum-bisa-cium-aspal-jalan
2.https://kumparan.com/kumparannews/jadi-kendaraan-operasional-2-mobil-esemka-mengaspal-di-semarang-1skSkRnSh0d/full
3.https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200611170009-384-512325/pemerintah-ungkap-kondisi-esemka-saat-pandemi-covid-19
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)