Cek Fakta Jokowi Mudik ke Solo Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 12 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar sebuah narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mudik ke Solo, Jawa Tengah. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook ARD yang turut mengunggah tangkapan layar berisi narasi tersebut, Selasa 11 Mei 2021. Berikut narasi selengkapnya:

“Jokowi saja mudik ke solo hari ini. kok rakyat tidak boleh mudik. mari tabrak aturan karena hari ini jokowi memberikan contoh dengan melanggar aturan yg dibuat nya..”

Unggahan ini direspons sejumlah warganet. Terdiri dari 110 emotikon dan 6 komentar.
 

[Cek Fakta] Jokowi Mudik ke Solo? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Presiden Jokowi mudik ke Solo, adalah salah. Faktanya, Jokowi dipastikan akan berlebaran di Bogor, Jawa Barat.

“Presiden Jokowi akan Lebaran di Istana Bogor,” kata Kasetpres Heru Budi Hartono seperti dilansir Detik.com, Senin 10 Mei 2021.

[Cek Fakta] Jokowi Mudik ke Solo? Ini Faktanya
 

Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Keputusan diambil berdasarkan sejumlah metode.

“Berdasarkan hisab posisi hilal minus dan secara rukyat hilal tidak terlihat maka penetapan 1 Syawal digenapkan (30 hari) ini sesuai dengan hasil sidang isbat tadi,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa 11 Mei 2021.

 
[Cek Fakta] Jokowi Mudik ke Solo? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Jokowi mudik ke Solo, adalah salah. Faktanya, Jokowi dipastikan akan berlebaran di Bogor, Jawa Barat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Jokowi Mudik ke Solo? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-5565506/kabar-presiden-mudik-ke-solo-hoax-ini-faktanya
https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/9K55vGnK-pemerintah-tetapkan-1-syawal-1442-h-pada-kamis-13-mei-2021
 

Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)