CEK FAKTA: Minum Minyak Kayu Putih Bisa Sembuhkan Infeksi Covid-19? – Suara.com
By: Date: 30 Juni 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Suara.com – Viral di media sosial, anjuran tentang minum minyak air putih yang disebut bisa menyembuhkan infeksi Covid-19. Simak penelurusan cek fakta Suara.com tentang hal ini.

Ramainya klaim minum minyak kayu putih untuk menyembuhkan Covid-19 berawal dari postingan Instagram influencer Tasya Farasya.

“Guys ini air ada eucalyptusnya, diminum apa nggak usah ya? Dalam rangka pemulihan tastebud,” tulis Tasya Farasya, dikutip Suara.com.

Unggahan ini lalu viral di berbagai media sosial dan mendapat banyak tanggapan. Salah satunya adalah komentar tentang pesan berantai serupa yang pernah viral di tahun 2020.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Paracetamol P-500 Mengandung Virus Machupo?

“Buat kluargaku. TETAP WASPADA YAH. Teman positif covid, keluar lendir dari hidung sampai bercampur darah, napas sesak, setelah minum minyak kayu putih baru berasa enakan jalan napasnya. INGAT!! COVID itu ada yah bukan ANTARA ADA DAN TIADA!” demikian pesan yang viral tersebut.

Penelusuran Suara.com menemukan bahwa viral minum minyak kayu putih untuk menyembuhkan Covid-19 dimulai pada Juni 2020 dan viral lagi pada Desember 2020.

Laman Covid19.go.id menulis, minyak kayu putih memang memiliki manfaat untuk membunuh 80 persen virus Corona. Namun perlu diiingat, hasil penelitian hanya menggunakan virus Corona betacorona bukan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Food and Drug Administration (FDA) dan Federal Trade Commission (FTC) di Amerika Serikat pada 9 Maret 2020 mengeluarkan surat peringatan kepada 7 perusahaan yang menjual produk yang tidak disetujui untuk mencegah ataupun mengobati COVID-19 yaitu teh, minyak esensial, tincture, dan koloid perak.

Sementara itu laman resmi RSUP Soeradji Tirtonegoro mengatakan minum minyak kayu putih sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah ke Masjid Tak Perlu Pakai Masker dan Jaga Jarak?

Minyak kayu putih berasal dari tanaman asli Australia, eucalyptus atau kayu putih. Minyak kayu putih digunakan sebagai antiseptik alami, pengharum, hingga bahan kosmetik.

Namun poenggunaan minyak eucalyptus tidak bermanfaat jika diminum atau diteteskan ke air menjadi teh. Sebab, manfaatnya baru akan didapat ketika diolah menjadi obat.

“Jika diminum dalam jumlah banyak dapat menimbulkan efek keracunan, seperti keringat berlebihan, meningkatkan denyut jantung, mual, muntah, diare, pusing kepala, gangguan pernapasan, gangguan aliran darah, hingga alergi dermatitis kontak udara,” demikian RSUP Soeradji.

Penjelasan ilmiah juga datang dari dr. Alvin Nursalim, Sp.PD. yang dimuat di laman KlikDokter. Ia mengatakan hingga saat ini belum ada penelitian yang membahas soal pengonsumsian minyak kayu putih untuk mengobati virus corona.

“Jadi saya tidak menyarankan untuk meminum, sekali pun itu hanya setetes minyak kayu putih, sampai ada bukti penelitiannya. Belum ada bukti dokumentasi yang jelas soal bagaimana bahaya minum minyak kayu putih bagi tubuh,” jelasnya.

Terlebih, minyak kayu putih tidak pernah dibuat untuk diminum. Melainkan untuk dioles di bagian adan luar.

“Tujuan awal dari pembuatan minyak kayu putih itu memang untuk dioles, bukan untuk diminum. Bisa saja kemungkinannya justru timbul gangguan cerna, seperti mual dan muntah,” tegasnya.

Kesimpulan: HOAKS

Minyak kayu putih belum terbukti mampu mencegah infeksi Covid-19 maupun membunuh virus SARS-CoV-2.

Minyak kayu putih memiliki manfaat jika dioleskan di tubuh atau disemprotkan di ruangan sebagai antiseptik alami dan pengharum.

Minyak kayu putih tidak boleh diminum sedikitpun, karena berisiko menyebabkan gangguan pencernaan mulai dari diare, muntah, hingga gangguan aliran darah dan gangguan pernapasan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].