Cek Fakta Palestina Tembak Jatuh Helikopter Israel yang Membawa 5 Orang Perwira Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 28 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar video yang memperlihatkan sebuah helikopter terbakar di ketinggian sebelum akhirnya terjatuh. Diklaim, helikopter tersebut milik Israel ditembak rudal Palestina.
 
Kanal YouTube Hamdan Official membagikan video itu pada 17 Mei 2021. Disebutkan helikopter itu membawa 5 perwira tinggi Israel. Video itu diberi judul sebagai berikut:

“HELIKOPTER ISRAEL JATUH DI TEMBAK DENGAN RUDAL PALESTINA || palestina serang israel”

Benarkah video yang beredar tersebut memperlihatkan pasukan Palestina menambak jatuhhelikopter yang membawa perwira Israel? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Palestina Tembak Jatuh Helikopter Israel yang Membawa 5 Orang Perwira? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihatkan pasukan Palestina menembak jatuhhelikopter yang membawa perwira Israel adalah salah. Faktanya, helikopter dalam video tersebut jatuh dirudal oleh milisi Nayrab di timur Idlib, Suriah.
Tim Cek Fakta Medcom.id pernah memeriksa video yang sama melalui artikel berjudul “Video Helikopter Israel Ditembak Jatuh Hamas? Ini Faktanya” dimuat 22 Mei 2021. Video itu sebelumnya diklaim jatuh ditembak Hamas.
 
Dari hasil penelusuran, faktanya video tersebut adalah helikopter milik Pemerintah Suriah yang ditembak jatuh pemberontak di Kota Idlib. Video aslinya diunggah di kanal youtube The Telegraph dengan judul “Syrian helicopter shot down by rebels in Idlib”.
 
Dalam keterangannya disebutkan, helikopter angkatan udara Suriah dijatuhkan pemberontak di daerah Nayrab di timur Idlib pada Selasa, 11 Februari 2020. Pemberontak menggunakan rudal darat-ke-udara yang diduga dipasok oleh Turki dalam beberapa hari terakhir.
 

[Cek Fakta] Palestina Tembak Jatuh Helikopter Israel yang Membawa 5 Orang Perwira? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video yang beredar tersebutmemperlihatkan pasukan Palestina menembak jatuhhelikopter yang membawa perwira Israeladalah salah. Faktanya, helikopter dalam video tersebut jatuh dirudal oleh milisi Nayrab di timur Idlib, Suriah.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Palestina Tembak Jatuh Helikopter Israel yang Membawa 5 Orang Perwira? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=5jFg_U6s4HU
https://turnbackhoax.id/2020/10/01/salah-helikopter-milik-azerbaijan-jatuh/
https://archive.ph/3J8yE
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor
 

 
(WAN)