Cek Fakta Pemerintah Irlandia Keluarkan Peringatan Efek Samping Vaksin Covid 19 Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 4 November 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Pemerintah Irlandia dikabarkan mengumumkan peringatan efek samping vaksin Covid-19. Kabar itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Sam Annette Laffey membagikan kabar ini pada Selasa, 26 Oktober 2021. Akun ini mengunggah sebuah poster yang mencatut Pemerintah Irlandia. Berikut narasi pada poster:
 
“Penerima Vaksinasi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Kepada semua yang telah sudah menerima vaksinasi Covid-19, terima kasih telah berperan dalam menjaga keamanan komunitas kami. Efek samping yang langka telah menjadi perhatian kami.
Efek samping vaksin antara lain
> Sakit kepala
> Haid tidak teratur
> Bell’s palsy
> Pembekuan darah
> Serangan Jantung dan Stroke
> Kematian mendadak
 
Silakan laporkan efek samping apa pun kepada Otoritas Pengaturan Produk Kesehatan – www.hpra.ie dan konsultasikan dengan dokter umum Anda.”

 

Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Pemerintah Irlandia Keluarkan Peringatan Efek Samping Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran cek fakta, klaim pada poster yang beredar bahwa Pemerintah Irlandia mengeluarkan peringatan efek samping vaksin Covid-19 adalah salah. Faktanya, poster tersebut hasil rekayasa dan Badan kesehatan Irlandia tidak mengeluarkan poster itu.
 
Otoritas Pengatur Produk Kesehatan Irlandia (HPRA) mengatur obat-obatan dan perangkat untuk manusia dan hewan. Siobhan Molloy, juru bicara HRPA, mengatakan pada 28 Oktober 2021, bahwa mereka tidak mempublikasikan poster yang diklaim.
 
“HPRA tidak memproduksi poster vaksinasi Covid-19. Setiap poster vaksinasi Covid-19 yang beredar baik di media cetak maupun media sosial yang digambarkan berasal dari HPRA kemungkinan besar dipalsukan dan mengandung informasi yang salah atau menyesatkan,” kata Molly seperti dilansir AFP.
 
Dia menambahkan bahwa Eksekutif Layanan Kesehatan (HSE) menerbitkan informasi resmi terkait Covid-19 Irlandia, termasuk poster dan sumber daya.
 
Di bawah ini adalah contoh poster resmi yang dikeluarkan oleh HSE:
 

[Cek Fakta] Pemerintah Irlandia Keluarkan Peringatan Efek Samping Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Molloy mengatakan, meskipun tidak dialami oleh semua orang, semua vaksin memiliki beberapa efek samping, sebagian besar bersifat ringan hingga sedang.
 
“Mereka yang divaksinasi juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk sakit parah atau perlu pergi ke rumah sakit jika mereka terkena Covid-19.” katanya.
 

Kesimpulan:
Klaim pada poster yang beredar bahwa Pemerintah Irlandia mengeluarkan peringatan efek samping vaksin Covid-19 adalah salah. Faktanya, poster tersebut hasil rekayasa dan Badan kesehatan Irlandia tidak mengeluarkan poster itu.
 
Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

[Cek Fakta] Pemerintah Irlandia Keluarkan Peringatan Efek Samping Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
 

Referensi:
-https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9QK2XU-1
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016