Cek Fakta: Tersiar Kabar Jokowi Umumkan Indonesia Bebas Masker, Simak Faktanya – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat
By: Date: 1 Agustus 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

PR BEKASI – Tersiar informasi di media sosial yang menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah mengumumkan Indonesia akan bebas masker.

Informasi tersebut berupa tangkapan layar sebuah rekaman video yang mencatut logo televisi nasional, Kompas TV yang disebarkan oleh akun Facebook Youlie Liee Jhoo pada 31 Juli 2021.

Namun, setelah ditelusuri ternyata tangkapan layar dengan keteragan “Breaking News: Presiden umumkan bebas masker & kegiatan masyarakat kembali normal mulai 32 Juli 2021” adalah hoaks.

Baca Juga: Jokowi Akui Munculnya Varian Delta Tak Terprediksi, Alvin Lie: Inilah Akibat Abaikan Saran Ahli

Sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs resmi Kemenkominfo, tangkapan layar berisi informasi Jokowi mengumumkan Indonesia bebas masker dan kegiatan masyarakat akan normal mulai 32 Juli 2021 merupakan gambar hasil suntingan.



Tangkapan layar hoaks Jokowi mengumumkan Indonesia bebas masker.
Tangkapan layar hoaks Jokowi mengumumkan Indonesia bebas masker.

Video asli berita tersebut diunggah di kanal YouTube Kompas TV. Video berjudul “Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi Soal UU KPK, RKUHP dan Demo Anarkis”.

Baca Juga: Rachland Nashidik Ingatkan Jokowi Rakyat Menjerit Bukan Karena PPKM, tapi Karena Lapar

Saat itu, Jokowi menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh bangsa di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 26 September 2019.