Cek Fakta Video Jokowi Berminat Menjadi Presiden Tiga Periode Hoaks Begini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 20 Oktober 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan bahwa dirinya bersedia menjadi presiden tiga periode. Video ini banyak beredar melalui pesan berantai.
 
Dalam video yang beredar, Jokowi yang mengenakan kemeja putih seolah mengatakan dirinya siap memimpin untuk periode ketiga.
 
“Saya tegaskan saya berminat menjadi presiden tiga periode”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 
Pula, pada video itu juga terdapat narasi “Mari kita DUKUNG Sepenuh nya”.

Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Video Jokowi Berminat Menjadi Presiden Tiga Periode Hoaks, Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim pada video yang beredar bahwa Jokowi berminat menjadi presiden tiga periode adalah salah. Faktanya, video tersebut telah diedit.
 
Melalui reverse image, ditemukan video aslinya yang berasal dari kanal YouTube Sekretariat Presiden berjudul “Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 15 Maret 2021”. Dalam video aslinya Kepala Negara memberikan tanggapan tentang isu usulan presiden tiga periode.
 
Jokowi menegaskan dirinya tidak berminat menjadi Presiden untuk tiga periode. Ia juga meminta untuk tidak membuat kegaduhan baru karena sedang fokus pada penanganan pandemi.
 
Video yang beredar di WhatsApp memotong bunyi pernyataan Jokowi. Berikut secara lengkap pernyataan Jokowi dari sumber aslinya.
 
“Apalagi yang harus saya sampaikan? Bolak-balik ya sikap saya tidak berubah. Jangan membuat kegaduhan baru, kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi. Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanahkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama,”
 

[Cek Fakta] Video Jokowi Berminat Menjadi Presiden Tiga Periode Hoaks, Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa Joko berminat menjadi presiden tiga periode adalah hoaks. Faktanya, video tersebut telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Video Jokowi Berminat Menjadi Presiden Tiga Periode Hoaks, Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=mshPXeJH5Eo
https://video.medcom.id/medcom-nasional/aNrXy5gk-jokowi-tegaskan-tidak-berminat-menjabat-presiden-tiga-periode
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016