Corona ‘Ngamuk’ di Kudus, Bupati Sebut Lockdown Mikro Sudah Diterapkan – detikHealth
By: Date: 31 Mei 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Kudus

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan terjadi kenaikan kasus Corona yang tinggi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pemerintah daerah pun sudah memberlakukan pembatasan secara mikro hingga tingkat RT dan RW.

“Sebetulnya banyak (wilayah desa yang sudah lockdown), kita imbau semua. Gubernur juga kalau untuk ditutup aja dikasih portal,” kata Bupati Kudus HM Hartopo saat dihubungi detikcom lewat sambungan telepon, Senin (31/5/2021).

Menurutnya seperti di RT 5 RW 1 Desa Pedawang Kecamatan Bae diberlakukan lockdown secara mikro, Senin (31/5) siang tadi. Karena daerah tersebut merupakan zona merah penyebaran virus Corona.

“Mikro zonasi itukan RT RW punya wilayah, ada satgas COVID, RT bisa me-lockdown bisa menutup lokasinya ketika zona merah,” jelasnya.

Hartopo mengatakan wilayah yang di-lockdown diberlakukan secara ketat. Bahkan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan ditiadakan guna memutus penyebaran virus Corona.

“Itu aktivitas orang hajatan untuk ditiadakan, kegiatan di-lockdown. Warga kalau tidak penting tidak boleh keluar. Kalau tamu tidak boleh,” ungkapnya.

Dia pun menjelaskan pemerintah daerah juga telah memberlakukan penyekatan bagi wisatawan yang masuk ke Kudus. Mereka pun diminta putar balik saat akan ke Kudus.

“Kita juga telah memberlakukan penyekatan. Wisatawan yang datang ke Kudus kita hentikan, kita testing dan putar balik. Mereka harus bebas dari COVID surat antigen 1 x 24 jam, kalau tidak di-testing dulu di situ,” jelasnya.

Simak Video “Kasus Corona Kudus Melejit, Ada Sebaran Mutasi Baru?
[Gambas:Video 20detik]