Demam Saat Mudik? Kemenkes Minta Masyarakat Tes Covid-19 Sendiri dengan Alat Ini
By: Date: 18 April 2023 Categories: mudik

Suara.com – Walaupun mudik lebaran sudah diizinkan pemerintah dan aturan PPKM juga tidak lagi diberlakukan, masyarakat yang pergi ke kampung halaman tetap diminta waspada terhadap penularan Covid-19. Terlebih saat ini telah beredar subvarian arcturus. 

Berbeda dengan masa pandemi selama 3 tahun kemarin, masyarakat kini diminta lakukan tes Covid-19 secara mandiri apabila mengalami sakit selama perjalanan mudik.

“Perlunya testing agar kita tahu status kita, supaya bisa berjaga-jaga. Kedua untuk mencegah penularan berikutnya,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) DR. dr. M. Syahril saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (17/4/2023).

ilustrasi mudik (Pexels.com/Gustavo Fring)
ilustrasi mudik (Pexels.com/Gustavo Fring)

Selain yang alami gejala, seseorang yang baru saja lakukan kontak erat dengan pasien Covid-19 juga diminta untuk lakukan tes mandiri, lanjut Syahril. Apabila dari hasil tes tersebut menunjukan tanda positif Covid-19, maka masyarakat perlu mengonfirmasi ulang dengan lakukan tes PCR di layanan kesehatan.

Baca Juga: MTI: Penggunaan Tol Trans Jawa Masih Jadi Jalur Favorit Selama Mudik Lebaran

“Apakah dia bergejala, maka dilakukan tes PCR. Kalau gejala ringan atau sedang, cukup isoman di rumah masing-masing,” pinta Syahril. 

Kepala Tim Kerja Produk IPD Impor Direktorat Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Edi Setiawan menambahkan, masyarakat bisa membeli alat tes mandiri Covid-19 di apotik maupun temoat penjualan alat kesehatan yang sudah dapat izin dari Kemenkes.

Edi menyampaikan bahwa sampai saat ini batu ada dua produk alat tes mandiri Covid-19 yang telah sesuai demgan standar Kemenkes dan layak digunakan.

“Nanti tes cepat antigen mandiri itu masyarakat menggunakannya hanya menggunakan metode nasal. Jadi dimasukan ke dalam hidung, setelah itu ikuti petunjuk penggunaan,” jelas Edi.

Edi mengingatkan agar masyarakat mengikuti dengan benar setiap tahapan cara penggunaan pengambilan sampel tersebut.

Baca Juga: Sepeda Motor Pemudik Mulai Gerak Lewati jalur Puncak Cianjur, Polisi Siapkan CB di Sejumlah Titik

“Di produk ada petunjuk penggunaannya, masyarakat harus benar mengikuti itu. Jangan sampai melewati step di petunjuk penggunaan. Dipilih metode nassal yang hanya pada rongga hidung. Jadi gak sampai nasofaring karena itu lebih baik dilakukan oleh tenaga kesehatan,” jelas Edi. 

Pada kemasannya juga terdapat QR Code yang perlu di scan dengan ponsel agar hasilnya bisa terdata pada aplikasi Satu Sehat, dulu PeduliLindungi. 

https://www.suara.com/health/2023/04/18/091000/demam-saat-mudik-kemenkes-minta-masyarakat-tes-covid-19-sendiri-dengan-alat-ini