Dengan Metode ESWL, Batu Ginjal Langsung Pecah Tanpa Operasi: Bisa Pakai BPJS Kesehatan?
By: Date: 8 September 2023 Categories: Uncategorized

Suara.com – Selain menyakitkan, kondisi batu ginjal bisa berbahaya karena bisa menyebabkan gagal ginjal. Jika sudah begitu, benarkah pengobatan batu ginjal hanya bisa lewat operasi?

Batu kemih atau batu ginjal adalah zat keras yang terbentuk akibat endapan mineral dan garam di ginjal karena tidak bisa disaring tubuh. Kabar baiknya, berkat teknologi medis yang kian canggih yakni Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), pengobatan batu ginjal bisa dilakukan tanpa operasi

Fantastisnya lagi, metode pengobatan batu ginjal ini pasien bisa langsung pulang beberapa jam setelah tindakan. Ini karena ESWL bekerja cepat dalam bentuk tembakan gelombang kejut yang menembus langsung ke kulit dan menyasar batu ginjal.

Dijelaskan Dokter Spesialis Urologi Rumah Sakit Royal Progress (RSRP), dr. Johannes Aritonang, B.MedSc, SpU, FICS yang menggunakan ESWL di rumah sakit berlokasi di Sunter, Jakarta Utara ini menjelaskan jumlah tembakan gelombang kejut yang diterima pasien sekali sesi pengobatan bisa mencapai 3.000 tembakan.

Baca Juga:Sakit Batu Ginjal, Amanda Eks Pacar Mario Dandy Tak Akan Hadir Di Sidang David Ozora Pekan Depan

“Tembakan ini dimulai dari 60 tembakan per menit, jadi bisa makin cepat disesuaikan keperluannya. Jadi jika sudah jalan 2.000 tembakan, batu ginjalnya sudah pecah maka tidak akan dilanjutkan,” ujar dr. Johannes melalui keterangan yang diterima suara.com, Kamis (7/9/2023).

Metode ESWL untuk penanganan batu ginjal di Rumah Sakit Royal Progress. (Dini/Suara.com)
Metode ESWL untuk penanganan batu ginjal di Rumah Sakit Royal Progress. (Dini/Suara.com)

Durasi waktu pengobatan batu ginjal dengan ESWL paling lama bisa memakan waktu 60 menit, dengan estimasi tembakan 60 kali per menit. Atau berdasarkan pengalaman tindakan bisa selesai kurang dari 45 menit.

Adapun batu ginjal yang sudah pecah ini nantinya akan terbuang bersama urine atau air kencing, dan rasanya tidak akan menyakitkan seperti batu ginjal berukuran besar yang dipaksa keluar melalui saluran kencing atau ureter.

Namun sebelum diizinkan pulang setelah menjalani tindakan ESWL di RSRP ini, pasien akan lebih dulu dievaluasi oleh tim medis dengan USG, untuk melihat apakah batu ginjal sepenuhnya sudah bersih dan keluhan nyeri bisa dikurangi.

“Adapun alat yang kita punya yaitu ESWL dengan USG (ultrasonografi), jadi kita bisa memastikan letak batu ginjal, sehingga tembakan lebih akurat dan tepat sasaran. Tentu saja setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan fisik,” ujar dr. Johannes.

Baca Juga:Hal Ringan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Timbulnya Batu Ginjal

Kriteria Pasien Batu Ginjal Pakai ESWL

dr. Johannes membenarkan jika ada beberapa kriteria ideal pasien bisa menjalani pengobatan batu ginjal ESWL, yaitu jika ukuran batu ginjal tidak lebih 2 centimeter, lebih dari itu maka dianggap terlalu besar dan tidak cukup dihancurkan hanya pakai ESWL.

Ilustrasi batu ginjal, gangguan ginjal akut misterius, kalsium oksalat. (Pixabay)
Ilustrasi batu ginjal, gangguan ginjal akut misterius, kalsium oksalat. (Pixabay)

“Karena ada risiko batu tidak pecah, apalagi kekerasan setiap batu ginjal komponennya beda-beda, ada batu asam urat dan batu kalsium. Pada kalsium ini yang lebih sulit pecah. Jadi kalau pasien tetap tidak mau dibedah atau operasi dan pakai ESWL kita tetap edukasi di awal tidak bisa menjanjikan satu kali sesi tembakan pecah langsung habis,” jelas dr. Johannes.

Ia juga mengingatkan, pasien perempuan tetap boleh menggunakan metode ini jika alami masalah batu ginjal. Ini karana metode yang digunakan tidak menggunakan gelombang radiasi, sehingga meski posisi ginjal berdekatan dengan rahim dan alat reproduksi tetap tidak akan terpengaruh.

“Posisi ginjal itu ada di organ belakang, jadi sangat jauh dengan organ kewanitaan atau alat kelamin, jadi aman bagi lelaki maupun perempuan,” lanjutnya.

Pengobatan Batu Ginjal Pakai BPJS Kesehatan

Dijelaskan Direktur Utama Rumah Sakit Royal Progress, dr. Ivan R. Setiadarma, MM saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk bisa mengcover beberapa penyakit seperti batu ginjal.

Bahkan tindakan operasi dan ureteroskop sudah bisa dicover BPJS Kesehatan. Tapi dr. Ivan mengakui ESWL metode yang bisa menggunakan BPJS Kesehatan, lantaran metodenya yang baru.

“Tapi kita sedang ada rencana ke sana. Sejauh ini masih berproses ESWL bisa menggunakan asuransi umum, swasta atau biaya pribadi,” papar dr. Ivan.

Adapun saat ini pihaknya memiliki penawaran menarik, biaya pengobatan batu ginjal tanpa operasi dan bedah ESWL mulai dari Rp 8,8 juta. Paket ini sudah termasuk pemeriksaan diagnosis, tindakan 3.000 kali tembakan hingga evaluasi hasil pengobatan batu ginjal.

https://www.suara.com/health/2023/09/08/095939/dengan-metode-eswl-batu-ginjal-langsung-pecah-tanpa-operasi-bisa-pakai-bpjs-kesehatan