Diabetes Bisa Berujung Kebutaan, Ini Lima Cara Mencegahnya – Jawa Pos
By: Date: 17 November 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

JawaPos.com – Penyakit diabetes akibat kadar gula darah yang tinggi memicu berbagai komplikasi penyakit lain jika tak terkontrol. Dari mulai penyakit jantung, stroke, amputasi hingga kebutaan. Karena itu selalu cek gula darah dan mengendalikannya dengan gaya hidup sehat.

Internist Specialist JEC Eye Hospitals and Clinics dr. Bhanu Kumar, BMedSc, SpPD menyesalkan sebagian masyarakat saat ini tak menyadari telah terjangkit penyakit ini. Jika diabetes terdeteksi lebih awal, kemungkinan keberhasilan penanganannya akan lebih besar. Ia meminta agar jangan menunggu timbulnya gejala.

“Utamanya guna mencegah komplikasi lebih lanjut. Artinya, kebutuhan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh sudah sangatlah mendesak. Harus segera dilakukan, tanpa perlu menunggu gejala diabetes muncul terlebih dahulu. Termasuk bagi kalangan umum yang tidak memiliki riwayat keluarga mengidap diabetes,” papar dr. Bhanu secara daring, Selasa (16/11).

Menurutnya penanganan terhadap pengidap diabetes bukan hanya berfokus pada menjaga kadar gula, tetapi juga mencakup lima pilar penatalaksanaan yang harus terimplementasi dengan disiplin. Fasilitas kesehatan yang mampu memberikan penanganan diabetes secara terpadu menjadi kunci.

Dan ia mengingatkan gula darah tak terkontrol bisa berujung kebutaan. Maka pengidap diabetes memerlukan terapi harian, pemantauan gula darah secara rutin, serta pola hidup sehat.

“Tanpa itu, dikhawatirkan diabetes yang bersifat kronis akan memicu komplikasi penyakit yang lebih gawat, seperti strok dan serangan jantung. Tak terkecuali gangguan mata yang bisa berujung kebutaan,” kata dr. Bhanu.