Dialami Komedian Sapri, Ketahui Penyebab Komplikasi pada Penderita Diabetes – Suara.com
By: Date: 11 Mei 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Suara.com – Adik Sapri, Dolly, mengungkapkan bahwa komedian tersebut sempat mengalami komplikasi diabetes sebelum meninggal dunia pada Senin (10/5/2021) pada 18.30 WIB di Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Tangerang.

Akibat kadar gula darah yang tinggi, Sapri mengalami penyumbatan pembuluh darah besar dan kecil ke arah kaki. Organ lainnya pun seolah digerogoti oleh penyakit tersebut.

“Dokter bilang bang Sapri ibaratnya kayak rayap, gula tingga itu digerogotin, kemarin dijelasin sama ahli jantung, bang Sapri udah kena jantung, kena ginjal, kena paru, kena pembuluh darah di bagian kaki,” kata Dolly, saat ditemui di rumah duka di kawasan Cipular, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kondisinya pun sempat kritis saat komplikasi yang dideritanya sudah mencapai jantung. Hingga akhirnya mendiang berusia 49 tahun tersebut koma dan harus dihubungkan ke ventilator.

Baca Juga: Sapri Pantun Meninggal karena Diabetes, Simak Cara Menghindari Penyakit Ini

“Akhirnya tadi dokter tanda tangan harus pasang ventilator, jam 14.30, dipasang ventilator, jadi nggak lama dari setengah dua siang. Pas dipasang sih alhamdulilah udah stabil di bawah 100 bagus kata dokter, sampai tadi pas ajal,” sambungnya.

Sang ibu di dahapan jenazah Sapri. [Evi Ariska/Suara.com]
Sang ibu di dahapan jenazah Sapri. [Evi Ariska/Suara.com]

Apa penyebab komplikasi diabetes?

Diabetes yang sudah parah memang dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Menurut laman Diabetes UK, kadar gula yang tinggi yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat merusak pembuluh darah.

Jika pembuluh darah tidak berfungsi dengan baik, darah tidak dapat mengalir ke bagian tubuh yang diperlukan. Artinya, saraf tidak akan bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan penderita tidak dapat merasakan apa pun di beberapa bagian tubuhnya.

Baca Juga: Tengku Zul Meninggal Positif Covid-19 Disertai Komorbid Diabetes

Setelah merusak pembuluh darah dan saraf di satu bagian tubuh, kemungkinan besar penderita akan mengalami masalah serupa di bagian tubuh lainnya. Misalnya, apabila pembuluh darah di kaki sudah rusak, kemungkinan besar penderita juga akan mengalami masalah jantung serius.

Penderita yang memiliki level HbA1c tinggi, risiko terkena komplikasi juga semakin tinggi. Bahkan, peningkatan HbA1c yang sedikit dapat menaikkan risiko penderita.