Dokter Onkologi Ingatkan Stres Bikin Kanker Payudara Makin Ganas, Gimana Mencegahnya?
By: Date: 22 Oktober 2023 Categories: Kanker Payudara,stres

Suara.com – Masih sedikit orang yang tahu pasien kanker payudara harus bolak-balik rumah sakit untuk konsultasi, biopsi hingga kemoterapi bisa memicu stres. Memang stres bisa membuat sel kanker makin ganas ya?

Stres bisa membuat sel tumor jinak semakin besar dan kanker payudara semakin cepat menyebar diakui Dokter Bedah Konsultan Onkologi Mandaya Royal Hospital Puri dr. Enos H Siburian, SpB (K) Onk. Menurutnya, stres bisa menurunkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Apalagi stres juga kerap membuat orang kesulitan tidur.

“Sangat (bisa membuat kanker bertambah parah). Dari logika aja, orang yang stres satu nggak bisa tidur insomnia, kalau insomnia daya tahan tubuh lemah. Ketika daya tahan tubuh lemah, penyakitnya gampang bertambah parah,” jelas dr. Enos dalam 2nd Anniversary Mandaya Royal Hospital Puri, Sabtu (21/10/2023).

Ia menambahkan, stres juga bisa membuat hormon adrenalin meningkat, yang hasilnya pembuluh lebih menyempit lalu terjadilah hipertensi atau tekanan darah tinggi, yang bisa mengancam fungsi jantung pada pasien kanker payudara.

“Orang yang stres bisa meningkatkan adrenalin mempersempit pembuluh darah, hipertensi biasa jadi stroke. Jadi gak boleh stres,” lanjut dr. Enos.

Fenomena pasien kanker payudara mengalami stres diakui langsung Presiden Direktur Mandaya Royal Hospital Puri, dr. Ben Widaja, MBChb (UK) saat meluncurkan Breast Advanced Cancer Center (BRAVE), bahwa beberapa pasien kanker payudara kerap putus asa saat merasa kemoterapi pertama tidak bisa memberikan efek signifikan.

“Dengan agresif (pengobatan kemoterapi) di awal peluangnya lebih tinggi. Ini karena saat kemoterapi pertama gagal, kemoterapi kedua seringnya udahlah nyerah aja. Jadi di kita itu diusahakan terapi pertama harus berhasil. Kalau pertama berhasil, biaya selanjutnya lebih murah dan pasien lebih semangat karena terasa efeknya,” jelas dr. Ben

dr. Enos H Siburian, SpB (K) Onk, Dokter Bedah Konsultan Onkologi Mandaya Royal Hospital Puri. (Dini/Suara.com)
dr. Enos H Siburian, SpB (K) Onk, Dokter Bedah Konsultan Onkologi Mandaya Royal Hospital Puri. (Dini/Suara.com)

Lebih jauh, dr. Ben juga memaparkan, sel kanker seperti di payudara selaiknya sel abnormal yang tumbuh dengan cepat dan agresif. Namun sel kanker ini berbahaya karena merusak dan memakan sel sehat, sehingga organ tubuh terganggu.

Tapi pada dasarnya sistem kekebalan tubuh bisa melawan sel kanker secara mandiri, tapi saat tubuh stres sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras, untuk melawan sel kanker dan stres yang bisa memicu peradangan sekaligus.

“Kalau sel yang kanker berkembang cepat, defense (pertahan tubuh) kita nggak bisa kalah cepat untuk mempertahankan sel sehat kita melawan kanker. Apalagi kita stres nggak bisa tidur, capek dan lain-lain, padahal sistem imun kita yang harusnya menjadi garda terakhir untuk mencegah kanker berkembang,” pungkas dr. Ben.

https://www.suara.com/health/2023/10/22/121859/dokter-onkologi-ingatkan-stres-bikin-kanker-payudara-makin-ganas-gimana-mencegahnya