Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Sehat Makan Jeroan, Beneran Lebih Sehat Dari Daging Olahan?
By: Date: 12 April 2023 Categories: santan

Suara.com – Dokter Zaidul Akbar mengungkap cara makan jeroan agar tetap sehat. Apalagi kebiasaan ini banyak dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri sambil kumpul keluarga.

Menurut Dokter Zaidul Akbar, alih-alih konsumsi jeroan dengan bumbu santan lebih disarankan dimasak dengan cara direbus. Jangan lupa, porsi konsumsi harus sewajarnya.

“Jadi makan ginjal dan jantung boleh asal tidak berlebihan. Cara paling mudah dibikin sup,” ungkap Dokter Zaidul Akbar dalam YouTube Short @drzaidulakbar dikutip suara.com, Selasa (11/4/2023).

Menariknya dokter pencetus Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu mengatakan konsumsi makanan alami seperti jeroan lebih baik daripada makanan sintetik seperti multivitamin. Contoh makanan alami yang bisa menggantikan multivitamin seperti buah, sayur, hingga biji-bijian.

Baca Juga: Rugi gak Ketulungan, Ternyata Begini Cara Allah ‘Mencuci’ Hati HambaNya, Zaidul Akbar: Gak Sadar sih

“Memang ada datanya. Justru malah yang alami-alami itu tidak dimakan malah ambil multivitamin yang sintetik, padahal kan kita kan makannya juga tidak berlebihan,”

Sementara itu mengutip Hello Sehat, fakta menarik terjadi di alam liar bahwa hewan buas akan lebih dulu memakan hati dan ginjal mangsanya. Ini karena jeroan khususnya hati adalah multivitamin alami.

Jeroan ini menawarkan beberapa sumber nutrisi terpadat seperti vitamin B, zat besi, fosfor, tembaga dan magnesium, dan diperkaya dengan vitamin yang larut dalam lemak paling penting yakni A, D, E, dan K.

Kandungan nutrisi jeroan ini berbeda jauh dengan makanan olahan seperti sosis dan kornea yang bisa berisi segala macam bagian hewan seperti tulang dan ekor.

Ditambah saat proses pengolahan daging juga kerap dicampur dengan lemak jenuh, garam, gula, dan pengawet lainnya untuk memperkaya rasa dan membuat tampilannya mirip seperti daging asli.

Baca Juga: Sudah Tahan Lapar dan Haus Seharian, Zaidul Akbar Masih Larang Banyak Makan Saat Puasa, Dampaknya Ngeri banget

https://www.suara.com/health/2023/04/12/133713/dokter-zaidul-akbar-ungkap-cara-sehat-makan-jeroan-beneran-lebih-sehat-dari-daging-olahan