Double Cleansing Setiap Hari, Kunci Kulit Selalu Bersih dan Sehat
By: Date: 19 Oktober 2019 Categories: Hidup Sehat,kecantikan,Kesehatan Kulit,kesehatan wajah,membersihkan wajah,mencuci muka

Membersihkan wajah, terutama bagi para wanita yang sering mengenakan makeup dan beraktivitas seharian di luar ruangan, tentunya sangatlah penting. Namun, sebagian besar orang menganggap bahwa cuci muka dengan sabun saja sudah cukup membersihkan sisa makeup dan kotoran di wajah. Padahal, agar lebih bersih, Anda sebaiknya melakukan teknik double cleansing alias membersihkan wajah dengan dua tahap.

Supaya tak keliru, ini cara membersihkan muka dengan teknik double cleansing dan manfaatnya bagi wajah.

Apa itu double cleansing?

Untuk Anda yang baru pertama kali mendengar istilah ini, double cleansing adalah metode membersihkan muka sebanyak dua kali. Metode ini pertama kali dipopulerkan oleh wanita-wanita di Jepang dan Korea Selatan.

Apabila Anda biasanya cukup menggunakan sabun muka dan air, terdapat langkah tambahan yang harus dilakukan sebelumnya. Yang pertama, Anda harus menggunakan pembersih wajah dengan bahan dasar minyak. Pembersih pertama ini digunakan untuk meluruhkan sisa-sisa makeup yang menempel di wajah.

Setelah dibersihkan dengan pembersih berbahan dasar minyak, saatnya Anda memasuki langkah kedua, yaitu mencuci dengan sabun muka. Metode ini dinilai memberikan lebih banyak manfaat untuk kulit jika dibandingkan dengan cara biasa.

Apa saja manfaat dari double cleansing?

Berikut adalah berbagai manfaat double cleansing untuk kesehatan kulit Anda:

1. Membersihkan sisa makeup secara menyeluruh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembersih wajah pada langkah pertama, seperti lotion cleanser, cleansing balm, atau oil liquid cleanser, mengandung minyak yang efektif melarutkan makeup.

Mengapa Anda harus memilih pembersih berbahan dasar minyak? Minyak, baik yang berasal dari mineral atau tumbuhan, dapat melarutkan bahan-bahan makeup yang berat.

Selain itu, minyak juga dapat membersihkan sunscreen yang Anda kenakan sebelum makeup, serta debu dan kotoran yang menempel di makeup Anda setelah seharian beraktivitas.

Sabun muka biasa yang berbahan dasar air tidak memiliki zat-zat aktif yang mampu mengangkat kotoran dan makeup secara menyeluruh. Jadi, langkah tambahan dengan pembersih berbahan dasar minyak dapat membantu sabun muka membersihkan wajah secara mendalam.

2. Kulit menjadi lebih lembap dan lembut

Manfaat lain dari double cleansing adalah Anda akan memiliki kulit yang jauh lebih lembap dan halus. Kandungan minyak yang terdapat di pembersih wajah dapat memberikan kelembapan lebih pada kulit Anda.

Namun, pada langkah selanjutnya, pastikan Anda memilih sabun muka dengan bahan yang ringan dan tidak membuat kulit Anda terlalu kering. Hal ini untuk mencegah agar kulit Anda tidak kehilangan minyak atau sebum alami di dalamnya.

3. Skincare lebih mudah meresap ke dalam kulit

Menurut Shani Darden, seorang ahli kecantikan yang dikutip dari Allure, apabila kulit Anda telah dibersihkan dari makeup dan debu pada tahap awal double cleansing, hal tersebut akan membuat proses cuci muka di tahap kedua jauh lebih mudah.

Darden menambahkan, kulit Anda dapat diibaratkan seperti kanvas. Untuk memulai suatu karya, dalam hal ini adalah skincare, Anda perlu kanvas yang bersih.

Manfaat yang dapat Anda peroleh dari double cleansing adalah kulit yang benar-benar bersih, sehingga produk skincare apapun yang Anda gunakan setelahnya lebih mudah meresap dan bekerja secara efektif pada kulit.

4. Mencegah masalah-masalah kulit

Makeup dan sisa debu yang tidak dibersihkan dengan sempurna dapat berakibat buruk pada kulit Anda. Salah satunya adalah penyumbatan pori-pori, yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat dan komedo.

Selain itu, penumpukan debu dan kotoran pada wajah ternyata juga dapat mempercepat proses penuaan. Jika tidak dibersihkan dengan baik, kondisi ini dapat merusak kolagen pada kulit. Tanpa kolagen yang normal, kulit lebih cepat kering dan memiliki kerutan-kerutan halus.

Maka dari itu, salah satu manfaat terpenting dari double cleansing adalah mencegah masalah-masalah tersebut terjadi pada kulit Anda.

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)