dr. Aditya Ikuti Kegiatan ToT Komunikasi Antar Pribadi oleh Pokja RCCE+ Bersama dengan UNICEF Indonesia
By: Date: 2 September 2023 Categories: Uncategorized

1 September 2023 – Dalam upaya penguatan perubahan perilaku melalui penyampaian pesan-pesan kesehatan yang lebih efektif dan berdampak positif di tengah masyarakat, Portkesmas mengikuti kegiatan pelatihan Training of Trainer Komunikasi Antar Pribadi (ToT KAP) Intensif Gelombang 2 yang diselanggarakan oleh Kelompok Kerja Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat (Pokja RCCE+) bersama Forum Pelatih KAP didukung oleh UNICEF Indonesia. Kegiatan tersebut bertempatkan di Hotel Aviary, Bintaro, Tangerang Selatan pada 28 Agustus – 1 September 2023 dan difasilitasi oleh Risang Rimbatmaja, UNICEF Indonesia.

Portkesmas yang diwakili oleh dr. Aditya Putra, Direktur Program mengikuti rangkaian kegiatan tersebut secara penuh. Kegiatan pelatihan intensif tersebut tidak hanya dalam bentuk pemaparan dalam suasana kelas, tapi juga praktik yang diawali dengan praktik di antara sesama peserta, sebelum kemudian mengalami 2 kali kegiatan praktik di lapangan yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Puskesmas Pondok Pucung dan Puskesmas Kecamatan Cilandak. Para peserta berinteraksi langsung dengan kader dan warga masyarakat di wilayah kerja Puskesmas tersebut untuk mengimplementasikan KAP dan melatih komunikator-komunikator yang ada di masyarakat.

“Kegiatan ini menarik dan betul intensif karena selain dibekali dengan alat bantu, para peserta juga diajak merasakan dan mengalami prosesnya secara langsung mengingat dalam penerapan KAP, para trainer dan komunikator harus melalui banyak percobaan dan kesalahan”, ungkap dr. Aditya.

Portkesmas senantiasa mendukung upaya perubahan perilaku di masyarakat dan peningkatan kapasitas bagi para pegiat dengan pengetahuan mendalam tentang strategi dan metode komunikasi yang tepat, serta kemampuan untuk mengadaptasi pesan-pesan kesehatan agar relevan dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat yang menjadi sasarannya.

Ikuti langkah Portkesmas dalam upaya perubahan perilaku di www.portkesmas.com

https://portkesmas.com/2023/09/02/dr-aditya-ikuti-kegiatan-tot-komunikasi-antar-pribadi-oleh-pokja-rcce-bersama-dengan-unicef-indonesia/