Dukung Pendidikan Anak Usia Dini Lewat Warna-Warni yang Sesuai
By: Date: 22 November 2023 Categories: pendidikan anak

Suara.com – Tak hanya menggambarkan keindahan, memperkenalkan warna-warni sejak dini kepada anak juga memiliki banyak manfaat.

Dalam tumbuh kembang anak, warna dapat memberi manfaat berikut:

1. Meningkatkan kepekaan penglihatan

Proses penginderaan mata terjadi melalui fase rangsangan dari benda sampai pada mata, yang dimulai saat mata melihat warna benda dan kemudian diteruskan ke urat saraf mata hingga akhirnya sampai ke otak (pusat penglihatan). Dari sinilah akhirnya terjadi penginderaan atau pengetahuan tentang objek–dalam hal ini adalah warna benda.

2. Merangsang kreativitas dan imajinasi

Anak mempelajari sebuah objek dan mengaitkannya dengan warna, sebelum ia bisa mendeskripsikan objek tersebut secara jelas. Misalnya, daun itu berwarna hijau atau awan berwarna putih. Jadi, warna dapat membuat anak lebih mudah dalam mengenal benad-benda di sekitarnya.

3. Mewakilkan perasaan anak

Warna juga dapat membantu mengartikan perasaan hati anak saat ia senang, sedih, dan marah. Misalnya, anak-anak umumnya akan memilih warna-warna cerah yang mengungkapkan kebahagiaan dan kegembiraan seperti pink, biru dan merah. Beberapa memilih hitam, abu-abu dan coklat yang menunjukkan emosi negatif seperti kesedihan.

4. Memaksimalkan kinerja otak

Warna akan memaksimalkan kinerja otak pada rentang usia 0–10 tahun. Mengenalkan beragam warna akan lebih menyenangkan bagi anak karena membuatnya tidak bosan ketika belajar atau mengeksplorasi lingkungannya.

Untuk mendapatkan manfaat dari penggunaan warna-warni dalam tumbuh kembang anak, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan yang menyenangkan dan menarik, seperti bermain, yang melibatkan warna. Dengan begitu, anak akan memahami dan mengalami sendiri pengalaman langsung melalui proses belajar tersebut.

Sekolah sebagai tempat anak belajar di usia dini, merupakan lokasi terbaik untuk mengaplikasikan warna-warni ini. Menyadari hal tersebut, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia, bersama dengan HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) kabupaten Bekasi melakukan pengecatan ulang dengan warna warni yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan anak usia dini di 25 sekolah PAUD di Cikarang.

Program yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November ini membuktikan kekuatan positif dari cat dan warna yang dapat meningkatkan kualitas hidup sekaligus suasana ruang hidup, termasuk sekolah, menjadi lebih indah dan nyaman untuk membantu mempersiapkan anak-anak menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan budi pekerti yang luhur.

Menurut Yudhy Aryanto, Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia, wajah baru sekolah-sekolah PAUD di Cikarang ini diharapkan dapat mentransformasi sekolah agar menjadi lebih indah dan nyaman sehingga menciptakan lingkungan yang kondusif untuk proses belajar mengajar.

Salah satu yang memperoleh wajah baru melalui warna dalam program Let’s Colour di Cikarang adalah PAUD Dahlia. PAUD yang memiliki puluhan murid tersebut juga bekerja sama dengan komunitas mural Ngakarya (Ngajak Berkarya) dalam membuat lukisan mural di ruang kelas dan lingkungan sekolah dengan tema angka dan abjad, alat transportasi hingga dunia laut.

Diharapkan, warna-warna yang diaplikasikan di dinding kelas dan lingkungan sekolah tersebut dapat memotivasi belajar siswa dan mendukung proses pembelajaran yang lebih menyenangkan.

https://www.suara.com/health/2023/11/22/191900/dukung-pendidikan-anak-usia-dini-lewat-warna-warni-yang-sesuai