Dukungan Ibu Jadi Hal Paling Penting Agar Anak Berkebutuhan Khusus Temukan Minat dan Bakatnya
By: Date: 14 Desember 2023 Categories: Ibu

Suara.com – Merawat dan membesarkan anak berkebutuhan khusus (ABK) bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, setiap ibu yang dikaruniai anak istimewa ini tak pernah menyerah untuk berjuang agar kondisi anak-anaknya menjadi lebih baik. 

Saat menghadapi ABK, tidak jarang ibu sering merasa kesulitan, sehingga dapat mempengaruhi kondisi psikologisnya. Karenanya, dukungan sosial diharapkan mampu membantu mereka untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis ibu dan mengurangi stres.

Dengan begitu, ibu dapat dengan baik pula membimbing, merawat, memberikan terapi, dan stimulasi ABK. Terlebih, menurut Timothy, Business Manager dari Destiny Project, sebuah learning center berfokus pada ABK jika diarahkan dengan baik, mereka juga bisa menemukan bakat dan minat (destiny) yang dapat menjadi berkat bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain.

“Kami percaya anak-anak spesial yang memiliki keterbatasan kemampuan bisa diarahkan secara maksimal bila memiliki kolaborasi yang baik dengan orang tua-nya,” ujar dia.

Untuk itu, berbagai aktivitas bisa dilakukan agar ABK bisa menemukan apa yang menjadi keahliannya sehingga dapat mengembangkan diri, berkarya, dan memberikan manfaat bagi lingkungan. Salah satunya seperti Beauty Class untuk Ibu dan Anak bertajuk Unconditional Beauty, Deca Group, sebuah perusahaan kecantikan lokal yang menaungi brand Whitelab dan gouté.

Beauty Class ini Devie Diana, Head of Marketing Deca Group dapat membangun komunikasi bahwa setiap orang bisa menjadi versi terbaik diri mereka, termasuk para ibu hebat yang selama ini selalu mendukung anak-anaknya. 

Dalam program ini ibu dan anak diberikan pelatihan terkait teknik-teknik dasar perawatan wajah (skincare) yang dapat digunakan oleh ibu & anak-anak dan tata rias mengenai teknik make up yang benar dan cara mengaplikasikan produk-produk make up dengan sempurna. 

Tentunya produk produk yang digunakan untuk kegiatan ini adalah produk produk yang aman bagi kulit sensitif.

“Kegiatan hari ini pasti jadi experience yang memorable bagi setiap anak-anak, saya yakin pengalaman ini akan tersimpan dalam core memory mereka,” tutup dia.

https://www.suara.com/health/2023/12/14/132500/dukungan-ibu-jadi-hal-paling-penting-agar-anak-berkebutuhan-khusus-temukan-minat-dan-bakatnya