El Rumi Nyeker saat Jalan-Jalan di Surabaya, Ini Lho Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki
By: Date: 20 Desember 2023 Categories: Uncategorized

Suara.com – Putra Maia Estianty, yakni El Rumi baru saja mengunggah foto sedang berjalan tanpa alas kaki alias nyeker. Ia terlihat melintasi Jembatan Peneleh, Surabaya, tanpa menggunakan sandal ataupun sepatu.

Dalam foto tersebut telapak kaki El Rumi tampak kotor, sehingga nampaknya ia sudah berjalan kaki cukup lama.

Memakai kaos jersey dan celana pendek warna krem, El Rumi tampak tertawa lebar sambil memasukkan tangannya ke dalam saku celana.

“Mlaku-mlaku nang Suroboyo (jalan-jalan di Surabaya),” tulisnya pada caption, dikutip Rabu (20/12/2023).

Sebagai informasi, penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki tanpa alas kaki memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Di Indonesia sendiri, berjalan tanpa alas kaki masih dilakukan banyak orang, terutama di desa-desa.

Berikut beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki.

1. Menurunkan tekanan darah

Jalan kaki tanpa alas kaki membuat tubuh rileks dan tenang, yang dinilai mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Baik menggunakan alas kaki atau tidak, berjalan kaki rutin memang dianjurkan. Sebab, studi menunjukkan bahwa jalan kaki secara rutin dapat menyelaraskan detak jantung dan menjaganya tetap sehat.

3. Meningkatkan mood

Kondisi stres dan depresi bisa berkurang jika sering berjalan tanpa alas kaki. Sebab aktivitas ini membuat tubuh merasakan berbagai macam bentuk dan tekstur tanah jalanan yang diinjak.

Sehingga tubuh akan fokus pada keseimbangan, yang mampu melepaskan hormon kortisol atau stres.

Ilustrasi tanpa alas kaki (Freepik)
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki (Freepik)

4. Mengurangi rasa sakit

Berdasarkan penelitian yang terbit di Journal of Inflammation Research, berjalan kaki dengan menyentuh tanah langsung bisa bertindak sebagai antioksidan alami.

Antioksidan sendiri berguna untuk melindungi sel tubuh, jaringan, dan organ dari stres oksidatif.

5. Memperbaiki postur tubuh

Dikutip dari Healthline, berjalan tanpa alas kaki juga bermanfaat untuk meningkatkan postur tubuh. Dengan kebiasaan ini, membantu kontrol posisi kaki dan mekanisme kaki yang lebih baik, sehingga berefek baik pada pinggul, lutut, dan area inti tubuh.

Itulah sejumlah manfaat berjalan tanpa alas kaki. Namun perlu diketahui bahwa berjalan tanpa alas kaki juga memiliki risiko, seperti kemungkinan kaki terluka saat menginjak sesuatu.

Luka pada telapak kaki itu bisa membuat bakteri, kuman, virus, hingga jamur masuk ke dalam tubuh.

Karenanya bagi orang-orang yang mengalami penurunan kemampuan perasa sensasi di telapak kaki, misalnya pengidap diabetes, tidak dianjurkan berjalan tanpa alas kaki.

https://www.suara.com/health/2023/12/20/154311/el-rumi-nyeker-saat-jalan-jalan-di-surabaya-ini-lho-manfaat-berjalan-tanpa-alas-kaki