Fakta-Fakta Earendel, Bintang Tunggal Terjauh yang Terdeteksi Teleskop Hubble – Republika Online
By: Date: 31 Maret 2022 Categories: Sains
Cahaya Earendel membutuhkan 12,9 miliar tahun untuk mencapai Bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Sebuah studi baru menemukan bintang tunggal terjauh yang pernah terlihat. Bintang ini berasal dari kurang dari satu miliar tahun setelah kelahiran alam semesta dalam Big Bang. Ilmuwan menduga ini mungkin menjelaskan bintang-bintang paling awal di alam semesta.

Para ilmuwan menjuluki bintang itu Earendel. Nama itu diambil dari suku kata Inggris Kuno yang berarti bintang pagi” atau “cahaya yang terbit”. Earendel, yang sebutan teknisnya adalah WHL0137-LS, setidaknya 50 kali massa matahari dan jutaan kali lebih terang.

Dilansir dari Space, Kamis (31/3/2022), bintang yang baru ditemukan ini, terdeteksi oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA, sangat jauh. Cahayanya membutuhkan 12,9 miliar tahun untuk mencapai Bumi. Hal ini tampak bagi kita seperti ketika alam semesta berusia sekitar 900 juta tahun.

Hingga saat ini, bintang tunggal terjauh yang terdeteksi, ditemukan oleh Hubble pada tahun 2018, ada ketika alam semesta berusia sekitar empat miliar tahun, atau 30 persen dari usianya saat ini.

“Temuan ini memberi kita kesempatan untuk mempelajari bintang secara rinci di alam semesta awal,” kata penulis utama studi Brian Welch, seorang astrofisikawan di Universitas Johns Hopkins di Baltimore, kepada Space.com.

Biasanya, bintang cemerlang Earendel tidak mungkin terlihat dari Bumi mengingat jarak yang sangat jauh di antaranya keduanya. Sebelumnya, objek terkecil yang terlihat pada jarak yang sangat jauh adalah gugusan bintang yang tertanam di dalam galaksi awal.

Bagaimana ilmuwan menemukan Earendel?

Para ilmuwan mendeteksi Earendel dengan bantuan gugus galaksi besar, WHL0137-08, yang berada di antara Bumi dan bintang yang baru ditemukan. Tarikan gravitasi dari gugusan galaksi yang sangat besar ini membengkokkan struktur ruang dan waktu, menghasilkan kaca pembesar alami yang sangat kuat yang memperkuat cahaya dari objek jauh di belakang galaksi, seperti Earendel.

Lensa gravitasi ini telah mendistorsi cahaya dari galaksi yang menampung Earendel menjadi bulan sabit panjang yang oleh para peneliti dinamai Busur Matahari Terbit. Cahaya yang langka di mana Earendel sejajar dengan WHL0137-08 berarti bahwa bintang itu muncul langsung pada, atau sangat dekat dengan, kurva dalam ruang-waktu yang memberikan kecerahan maksimum, menyebabkan Earendel menonjol dari cahaya umum galaksi asalnya.

Efek ini analog dengan permukaan kolam renang yang beriak yang menciptakan pola cahaya terang di dasar kolam pada hari yang cerah-riak di permukaan bertindak sebagai lensa dan memfokuskan sinar matahari ke kecerahan maksimum di lantai kolam.

Welch menekankan bahwa ini bukanlah objek terjauh yang pernah ditemukan para ilmuwan. “Hubble telah mengamati galaksi pada jarak yang lebih jauh,” jelasnya.

“Namun, kami melihat cahaya dari jutaan bintang mereka semua bercampur menjadi satu. Ini adalah objek terjauh di mana kami dapat mengidentifikasi cahaya dari satu bintang,” ujarnya.