Fakta Neptunus, Planet yang Pernah Mengalami Badai Cukup Besar – VIVA – VIVA.co.id
By: Date: 1 Agustus 2022 Categories: Sains

Senin, 1 Agustus 2022 – 11:15 WIB

VIVA Sainstek –  Fakta Neptunus menunjukkan bahwa planet ini ditemukan pada tahun 1846, lebih dari 50 tahun lebih lambat dari planet terakhir yang ditemukan, Uranus .

Neptunus ditemukan oleh ahli matematika Prancis Urbain Le Verrier dan astronom Jerman Johann Gottfried Galle, dan merupakan satu-satunya planet yang pertama kali ditemukan secara matematis, dan baru diamati di langit setelahnya.

Baca Juga :

Neptunus dan Bumi.

Neptunus dan Bumi.

Dan bagaimana sebuah planet bisa diamati secara matematis? Perhitungan orbit Uranus, yang merupakan planet terakhir yang ditemukan saat itu, menunjukkan beberapa ketidakteraturan, dan berbagai ahli matematika memperkirakan gravitasi planet terdekat sebagai penyebabnya.

Le Verrier adalah orang pertama yang mampu memprediksi lokasi planet baru yang hampir tepat, dan meminta astronom Galle untuk mengkonfirmasi perhitungannya dengan mencari planet di langit.

Meskipun Pluto ditemukan hampir 100 tahun kemudian, dan diyakini sebagai planet terakhir di tata surya kita dari penemuannya pada tahun 1930 hingga 2005, ia kehilangan status planetnya ketika International Astronomical Union mendefinisikan ulang istilah “planet”. Berikut ini terdapat sederet fakta Neptunus yang perlu Anda ketahui, melansir dari facts.net:

Planet Uranus (kiri) dan Neptunus (kanan).

Planet Uranus (kiri) dan Neptunus (kanan).

Photo :

  • NASA / ESA; NASA / JPL

Neptunus Adalah Planet Terjauh di Tata Surya Kita

Baca Juga :