Gerhana Bulan Super Blood Terjadi pada 26 Mei 2021, Ini Daftar Wilayah dan Waktu Menyaksikannya – Kompas TV
By: Date: 23 Mei 2021 Categories: Sains
Penggambaran gerhana bulan total atau Super Blood Moon dalam tujuh fase pada 26 Mei 2021. (Sumber: NASA via Space.com)

SOLO, KOMPAS.TV – Masyarakat Indonesia kembali dapat menyaksikan Gerhana Bulan Total (GBT) atau terkenal sebagai Super Blood Moon pada 26 Mei 2021.

R Jamroni, Staf Observatorium Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar menjelaskan peristiwa gerhana bulan total.

“Fenomena Blood Moon ini hanya terjadi saat fase bulan penuh dan mengalami Gerhana Bulan Total (GBT) di mana bumi bergerak di antara bulan dan matahari dan berada pada posisi garis lurus,” tulis Jamroni, dikutip dari bmkg.go.id.

Baca Juga: Momen Gerhana Matahari Cincin Sebagian, Warga Makassar Gelar Shalat Gerhana

Pada saat awal gerhana, bulan akan tampak lebih besar dan cerah. Hal ini karena bulan berada pada posisi paling dekat dengan bumi. Fenomena ini adalah Supermoon.

Kemudian, bulan akan tampak merah, seperti tembaga karena atmosfer bumi membiaskan cahaya matahari. Fenomena bulan memerah saat gerhana total disebut sebagai Blood Moon.

“Fenomena Super Blood Moon ini adalah akibat dari gelombang cahaya panjang yang datang dari bumi inilah yang membuat bulan tampak merah,” beber Jamroni.