Gratis! Jadwal Vaksinasi Kanker Serviks di Bali Mulai Agustus 2022 – detikcom
By: Date: 21 April 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

DenpasarMenteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Vaksin Human Papillomavirus (HPV) mulai tahun ini digratiskan.

Vaksin ini disebut gratis untuk kelompok sasaran vaksinasi nasional.

Vaksin kanker serviks ini pun akan menjadi salah satu vaksin wajib di Indonesia.

Vaksin kanker serviks atau HPV ini akan mencegah kanker serviks yang dimana merupakan salah satu kanker penyebab kematian perempuan di Indonesia maupun global.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. I Nyoman Gede Anom ketika dihubungi detikBali mengatakan bahwa untuk di Bali sendiri pelaksanaan vaksinasi ini akan dilaksanakan pada Agustus 2022.

“Untuk vaksin HPV ada program gratis untuk anak-anak perempuan SD kelas 5 dan 6. Dan untuk pelaksanaannya kemungkinan di sekolah-sekolah dasar atau Puskesmas,” ucap dr. I Nyoman Gede Anom pada Rabu (20/4/2022).

Kegiatan ini pun akan serentak dilaksanakan di 9 Kabupaten/Kota di Bali.

Menurutnya, sebelum pelaksanaan, pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota akan melakukan sosialisasi perihal vaksin kanker serviks atau HPV ini.

“Karena ini adalah program pemerintah tentu wajib didukung oleh semua pihak dan saya rasa masyarakat pasti setuju karena ini untuk mencegah anak-anak mereka dari kanker serviks di kemudian hari,” kata dr. I Nyoman Gede Anom.

Simak Video “Simak! Penjelasan Kemenkes soal Program Vaksin Kanker Serviks Gratis
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)