Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023: Pentingnya Kantor Sediakan Sesi Konsultasi Psikolog untuk Karyawan
By: Date: 10 Oktober 2023 Categories: Psikolog

Suara.com – World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023 yang jatuh pada 10 Oktober 2023 mengingatkan perusahaan pentingnya penyediaan layanan konsultasi psikolog di kantor.

Hal ini diungkap langsung Psikolog Klinis, Talissa Carmelia, M.Psi bahwa setiap orang memiliki masalah seberapa parah dan berapa lama terpapar pada kondisi tersebut. Sehingga alih-alih menyedikan jadwal konsultasi psikolog setahun sekali, disarankan ada pakar yang siap sedia di perusahaan tersebut.

“Sebetulnya kalau dibilang penting, itu penting banget, bahkan sebetulnya, kalau bisa itu secara continue, karena masalah kita nggak pernah tahu, kapan seperti apa dan karena apa, dan tingkat masalah bervariasi,” ujar Talissa saat diskusi media P&G Indonesia di Senayan, Selasa (10/10/2023).

Talissa menambahkan, saat ada psikolog yang stand by atau siap sedia di kantor maka hal tersebut bisa jadi pertolongan pertama, jika karyawan mengalami kondisi yang tidak mengenakan secara mental.

Baca Juga:Anak Anggota DPR Aniaya Pacar hingga Tewas, Reza Indragiri: Polisi Patut Terapkan Pasal Pembunuhan

“Jadi istilahnya nggak menumpuk. Udah deh, nggak apa apa-nggak apa apa, nggak tahunya terdiagnosa sesuatu, itu kan suatu hal yang jangan sampai terjadi,” kata Talissa.

Diskusi media Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023 oleh P&G Indonesia di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2023).
Diskusi media Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023 oleh P&G Indonesia di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2023).

Menurut Talissa, jika tidak memungkinkan psikolog stand by di kantor, ia lebih menyarankan perusahaan menyediakan sesi konsultasi seminggu sekali yang rutin datang, sehingga karyawan tahu kapan bisa stres release.

“Itu bisa membantu preventif mencegah, supaya teman-teman bisa sehat mental, bisa berfungsi, tetap bisa merespon, beremosi dengan tepat,” lanjut dia.

Selain itu Talissa juga menjelaskan beberapa tanda seseorang perlu berkonsultasi dengan psikolog, yaitu saat ada kebiasaan yang terjadi beda dari biasanya.

Seperti tidur lebih lama dari biasanya atau sulit tidur, makan lebih banyak dari biasanya atau tidak makan sama sekali, hingga enggan bersosialisasi.

Baca Juga:Heboh Foto Sarwendah Keringetan Bareng Betrand Peto Dinilai Berlebihan, Memang Batasannya Gimana Sih?

“Jangan nunggu abaikan-abaikan, satu dua bulan akhirnya nggak bisa kerja, karena ada klien saya begitu, separah dan sepusing itu, jadi lebih baik ada (sesi konsultasi),” pungkas Talissa.

https://www.suara.com/health/2023/10/10/195610/hari-kesehatan-mental-sedunia-2023-pentingnya-kantor-sediakan-sesi-konsultasi-psikolog-untuk-karyawan