Hari Samosa Sedunia, Begini Sejarahnya hingga Masuk ke Indonesia
By: Date: 5 September 2023 Categories: Uncategorized

TANGGAL 5 September diperingati sebagai hari samosa sedunia. Di Indonesia sendiri nama camilan khas Timur Tengah dan India ini cukup familiar serta banyak disukai.

Rasanya gurih, renyah dari kulitnya, dan isian beragam mulai dari sayur hingga daging bercampur rasa rempah kari sangat cocok di lidah masyarakat +62. Sebenarnya, samosa tradisional berisi tak jauh dari bawang bombay, kentang rebus, kacang kapri, daun ketumbang, serta daging.

BACA JUGA:

Semua itu dibungkus lagi dengan adonan pastry terbuat dari tepung terigu, ghee, dan campuran air. Samosa kemudian digoreng sampai golden brown dan terasa renyah.

Kenikmatan Samosa ini pertama kali dapat dirasakan di daerah Timur Tengah. Dahulu kala, terdapat sebuah buku resep masakan Arab dari abad ke 10 dengan catatan nama ‘Sanbusak’.

BACA JUGA:

Ya, ini sanbusak berarti samosa yang dikenal masyarakat saat ini. Hingga saat ini, penyebutan samosa di Mesir pun lebih terkenal lewat nama ‘sambusak’ (berbeda satu huruf antara m dan n dari buku resep kuno).

Sementara itu, melansir dari Cairo Food, dalam bahasa Persia kata ‘samsa’ memiliki arti piramid. Jadi, tak heran jika bentuk samosa sekarang ini menyerupai segitiga. Tak seperti sekarang, samosa zaman dulu umumnya disantap oleh pedagang hingga musafir yang berkemah untuk istirahat dalam perjalanan mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/09/05/298/2877426/hari-samosa-sedunia-begini-sejarahnya-hingga-masuk-ke-indonesia