Hindari Makanan Ini ketika Sakit Perut, Salah Satunya Terong
By: Date: 15 Desember 2019 Categories: Kekebalan tubuh,sakit perut,Sayuran


Suara.com – Sayuran memang bagus untuk tubuh. Makanan ini memiliki segala macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya saja protein, vitamin, hingga zat besi.

Namun, sayangnya ada beberapa sayuran yang justru tidak baik ketika dikonsumsi saat perut mengalami masalah.

Sekitar 70 persen dari sistem kekebalan tubuh kita berada di usus. Jadi, menjaga usus agar tetap sehat adalah hal yang penting.

Berikut sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika perut bermasalah atau sakit perut.

1. Terong

Meski terong menyehatkan untuk beberapa orang, mereka yang memiliki perut sensitif lebih baik menghindarinya.

“Mereka mengandung alkaloid, ini berfungsi melindungi terong dari serangga atau jamur. Sayangnya, bahan kimia ini dapat memicu masalah pencernaan,” tutur Josh Axe, seorang neuropath dan penulis ‘Eat Dirt’.

Ilustrasi terong dipotong. (Shutterstock)
Ilustrasi terong dipotong. (Shutterstock)

2. Susu almond

“Aku menyukai kacang almond, tetapi lebih baik memakannya, bukan meminumnya,” kata Keith Ayoob, ungkap ahli gizi anak-anak di Albert Einstein College of Medicine di Bronx.

“Susu almond yang dibeli di toko itu telah diolah dan hanya memiliki seperlima dari protein yang ditemukan dalam susu biasa,” sambungnya.

3. Tomat

Melansir Bustle, makanan yang termasuk dalam kelompok nightshade, seperti tomat, kentang, terong, goji berry dan paprika, dapat membuat perut tidak nyaman dan masalah usus. Secara umum, tomat juga sangat asam.

Hindari Makanan Ini ketika Sakit Perut, Salah Satunya Terong - 2
Ilustrasi makan tomat. (Shutterstock)

“Makanan tomat dan jeruk juga meningkatkan produksi asam di lambung Anda sekaligus menurunkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Rasa panas dalam perut terjadi ketika asam dari lambung menyentuh lapisan dalam esofagus,” tutur Dr. Kathleen Dass, MD, ahli alergi-imunologi di Allergy & Asthma PC.

4. Sayuran goreng

Sayuran yang digoreng mengandung minyak dan lemak sehingga sulit dicerna. Makanan yang digoreng pada dasarnya tidak bagus untuk Anda, bahkan ketika tubuh sehat. Mereka pun bisa membuat kondisi perut yang sudah sakit menjadi lebih buruk.

Let’s block ads! (Why?)