Hoaks Seputar Perayaan Idul Fitri Mulai Beredar, Simak Faktanya – Liputan6.com
By: Date: 25 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Liputan6.com, Jakarta- Menjelang lebaran Idul Fitri berumunculan hoaks seputar hari raya tersebut, kondisi ini tentu akan menimbulkan keresahan bagi pihak yang mempercayainya.

Untuk menghindari hoaks kita perlu waspada terhadap informasi yang didapat dengan memastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya, selain itu juga bisa mempraktikan tips seperti yang ada di dalam halaman berikut ini.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar menjelang Idul Fitri, dari pelaksanaannya yang diundur hingga mudik. Hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks menjelang lebaran Idul Fitri yang beredar di media sosial.

1. Video Kemacetan Jalan Tol saat Mudik dari Jakarta ke Jateng

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kemacetan di jalan tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jawa Tengah. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim video kemacetan di tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jateng menampilkan lampu sejumlah kendaraan yang sedang mengalami kemacetan di jalan.

Video tersebit diberi keterangan sebagai berikut.

“-+23 juta mobil mudik darat Seru2an Nikmati macet mudik after 2 covid..

Tadi Malam Tol dari arah Jkt ke Jateng, macet puooolll…..,

mudik awal wis kena macet just ENJOY😍”

Benarkah klaim video kemacetan di jalan tol saat mudik dari Jakarta ke arah Jateng? Simak  hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Syarat Mudik Lebaran

2. Judul Artikel “Jokowi Persilahkan Masyarakat Mudik Lebaran Syaratnya Harus Sudah Bayar Angsuran KPR BTN Bulan April 2022”

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan artikel berita Kompas.com berjudul “Jokowi Persilahkan Masyarakat Mudik Lebaran Syaratnya Harus Sudah Bayar Angsuran KPR BTN nya bulan April 2022”. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.  

Bank Tabungan Negara (BTN) melalui akun Instagram resminya telah membuat bantahan terkait postingan tersebut. Postingan itu diunggah pada 23 April 2022.

Berikut isi postingannya:

“Beredar seruan dan ajakan dari Presiden Joko Widodo di aplikasi Presiden Joko Widodo di aplikasi chatting yang menampilkan gambar ‘Berita” di salah satu portal media nasional yang berjudul “Jokowi Persilahkan Masyarakat Mudik Lebaran Syaratnya Harus Sudah Bayar Angsuran KPR BTN nya bulan April 2022”.

Benarkah judul Artikel “Jokowi Persilahkan Masyarakat Mudik Lebaran Syaratnya Harus Sudah Bayar Angsuran KPR BTN Bulan April 2022”? Simak faktanya dalam halaman berikut ini.

3 dari 4 halaman

Perayaan Idul Fitri Diundur

 3. Artikel Berjudul “Hari Raya Idul Fitri 1443 H Resmi Diundur Menag: Ada Kecurangan”

Kabar tentang Hari Raya Idul Fitri 1443 H diundur beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan salah satu akun TikTok beberapa hari lalu.

Akun TikTok tersebut mengunggah konten gambar tangkapan layar yang diklaim dari artikel Liputan6.com berjudul “Hari Raya Idul Fitri 1443 H Resmi Diundur Menag: Ada Kecurangan”. Artikel tersebut terdapat foto dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan tayang pada 21 April 2022.  

“Pemerintah memastikan hari raya Idul Fitri 1443 H diundur karena dianggap banyak kecurangan yang tidak puasa ikut-ikutan beli baju lebaran,” demikian narasi dalam gambar tersebut.

“Alhamdulillah masih kuat puasa, baru batal 20 hari. Udah pada beli baju lebaran blm nih,” tulis salah satu akun TikTok.

Konten yang disebarkan akun Tiktok tersebut telah beberapa kali dibagikan dan mendapat 445 komentar dari warganet.

Benarkah  Artikel Berjudul “Hari Raya Idul Fitri 1443 H Resmi Diundur Menag: Ada Kecurangan”? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.