Inggris Tetapkan Cacar Monyet Penyakit Menular yang Dilaporkan – BeritaSatu.com
By: Date: 7 Juni 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

London, Beritasatu.com – Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan cacar monyet akan ditetapkan sebagai penyakit menular yang dapat dilaporkan mulai Rabu (8/6/2022), yang berarti dokter di Inggris harus memberi tahu pihak berwenang setempat ketika mereka mencurigai seorang pasien memiliki virus tersebut.

“Diagnosis dan pelaporan yang cepat adalah kunci untuk menghentikan transmisi dan mencegah penyebaran lebih lanjut dari cacar monyet,” kata Wendi Shepherd, direktur insiden Monkeypox di UKHSA, dalam sebuah pernyataan.

“Undang-undang baru ini akan mendukung kami dan mitra kesehatan kami untuk dengan cepat mengidentifikasi, mengobati, dan mengendalikan penyakit ini.”

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan risiko global wabah cacar monyet tergolong sedang. Seperti dilaporkan AFP, Minggu (5/6/2022), WHO menyatakan 780 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi laboratorium telah dilaporkan dari 27 negara non-endemik.

WHO menyatakan angka 780 kasus, untuk kasus dari 13 Mei hingga Kamis 2 Juni lalu, mungkin terlalu rendah karena informasi epidemiologis dan laboratorium yang terbatas.

“Sangat mungkin negara lain akan mengidentifikasi kasus dan akan ada penyebaran virus lebih lanjut,” tambah badan kesehatan PBB itu.

Beberapa pasien rawat inap telah dilaporkan, selain dari pasien yang diisolasi.

hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: cna/reuters