Ini kunci bisa kembali bekerja di usia 30 tahun ke atas
By: Date: 15 Juni 2023 Categories: Uncategorized

Jakarta (ANTARA) – Praktisi bidang sumber daya manusia (human resources) Vina Muliana mengatakan koneksi yang terjalin baik misalnya dengan mantan atasan atau para kolega di bidang pekerjaan sebelumnya menjadi salah satu hal penting yang dimiliki bagi mereka yang ingin kembali bekerja di usia 30 tahun-an setelah rehat.

Ini khususnya berlaku bagi para wanita yang berencana kembali ke dunia kerja setelah beristirahat sementara waktu karena harus mengurus anak dan keluarganya.

“Biasanya ketika sudah 30 tahun ke atas, kita masuk kerja, boleh apply lewat job portal tetapi juga harus connecting sama koneksi yang sebelumnya kita punya, mantan bos lah, teman dan sebagainya,” kata dia dalam sesi wawancara eksklusif bersama kreator dan merchant TikTok dari Asia Tenggara di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Sedikit warga Eropa ingin kembali kerja di kantor setelah pandemi

Menurut Vina yang juga konten kreator di berbagai media sosial itu, biasanya saat seseorang berada di usia 30 tahun ke atas, dia tak bisa semata mengandalkan penyedia jasa pencari kerja semata.

“Selalu maintain koneksi karena ketika di level 30 tahun ke atas, biasanya kita masuk kerja bukan lagi cuma apply-apply via job portal. Itu sudah beda geng,” tutur dia.

Selain mengenai koneksi, sambung Vina, sebelum kembali ke dunia kerja, seseorang juga perlu meningkatkan kompetensinya seperti mengikuti kursus-kursus atau pelatihan misalnya secara daring serta menyiapkan rencana misalnya terkait bidang pekerjaan yang akan digeluti.

Vina berpendapat, apabila hal-hal ini diterapkan, maka peluang untuk kembali masih sangat mungkin atau terbuka.

Kemudian, kala kesempatan bekerja kembali datang, seseorang sebaiknya memberikan batasan antara kehidupan keluarga dan pekerjaan, seperti halnya sebelum berkeluarga.

“Harus bisa pilih-piih jubah. Ketika dia di rumah pakailah jubah dia sebagai seorang istri, ibu. Tetapi jubah itu harus dilepas ketika sudah di kantor dan sebaliknya,” demikian kata dia.

Baca juga: Cara cepat kembali fokus jika terganggu saat bekerja

Baca juga: Luangkan satu hari istirahat sebelum kembali bekerja

Baca juga: Perusahaan perlu tata diri kembali saat beralih ke ruang “hybrid”

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023

https://www.antaranews.com/berita/3590064/ini-kunci-bisa-kembali-bekerja-di-usia-30-tahun-ke-atas