Jadi Percontohan Pemberian Antivirus Hepatitis Ibu Hamil, Pemprov Lampung Tahap Persiapan – medialampung.disway.id – Media Lampung
By: Date: 13 Januari 2023 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan
Jadi Percontohan Pemberian Antivirus Hepatitis Ibu Hamil, Pemprov Lampung Tahap Persiapan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr.dr.Hj.Reihana, M.Kes.–

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menjadikan enam provinsi sebagai percontohan pemberian antivirus kepada ibu hamil salah satunya di Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Puskesmas Waykandis, dan Puskesmas Gedong Air Kota Bandarlampung.

Penetapan daerah percontohan itu tertuang melalui surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/15/2023 tentang Percontohan Pemberian Antivirus pada Ibu Hamil untuk Pencegahan Transmisi Virus Hepatitis B dari Ibu ke Anak.

Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr.dr.Hj.Reihana, M.Kes., mengatakan untuk persiapan sudah dilakukan. 

“Sebagai daerah percontohan pemberian antivirus hepatitis B bagi ibu hamil persiapan sudah dilakukan,” ungkapnya saat dimintai keterangan di Balai Keratun, Jumat (13/1). 

BACA JUGA:Pemkab Pesbar Kembali Siapkan Usulan Pembangunan BTS

“Persiapan logistik vaksin yang digunakan untuk vaksinasi hepatitis ibu hamil tengah disiapkan, lalu fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk untuk menjadi percontohan pun tengah bersiap,” sambungnya. 

Lanjutnya dengan adanya tiga fasilitas pelayanan kesehatan yang menjadi percontohan pemberian antivirus hepatitis B kepada ibu hamil, diharapkan vaksinasi tersebut nantinya akan meluas ke fasilitas pelayanan kesehatan dan kabupaten lainnya di Lampung.

“Pemberian vaksin hepatitis selain ke ibu hamil sudah terus dilakukan, dan untuk  pemberian kepada ibu hamil ini diharapkan dapat meluas ke fasilitas pelayanan kesehatan atau daerah lain. Mungkin saat ini karena masih percontohan jadi sedikit dahulu yang melakukan pemberian antivirus tersebut,” jelasnya. 

Lanjutnya pihaknya juga tengah mempersiapkan tenaga vaksinator yang ahli di bidangnya.

“Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik, dan telah disiapkan juga vaksinator yang ahli di bidangnya untuk memberikan antivirus hepatitis B kepada ibu hamil di sini,” pungkasnya.*

Sumber: