Jaga Kelembapan, Ini 10 Rekomendasi Primer untuk Kulit Kering
By: Date: 27 Juni 2023 Categories: Perawatan Kulit

Primer berguna menghaluskan permukaan kulit, membuat riasan tahan lama, dan mengontrol minyak berlebih. Namun, fungsi yang terakhir bisa menjadi masalah untuk pemilik kulit kering. Jika mampu mengurangi minyak, bukankah primer malah membuat kulit makin kering?

Tenang, ada merek-merek primer yang formulasinya dirancang khusus untuk menambah kelembapan kulit. Simak rekomendasinya!

Cara memilih primer untuk kulit kering

Kulit mengelupas, kasar, dan terasa ketat seperti ada tarikan adalah sederet masalah yang sering dialami pemilik kulit kering.

Anda perlu jeli dalam memilih primer yang bagus digunakan pada kulit kering. Berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan. 

  • Pilih produk dengan bahan pelembap, seperti gliserin, hyaluronic acid, shea butter, atau panthenol.
  • Produk sebaiknya memiliki klaim hydrating, glowy, atau dewy finish, agar hasilnya tampak berkilau layaknya kulit lembap.
  • Produk terjamin keamanannya dengan terdaftar di BPOM.

Rekomendasi primer terbaik untuk kulit kering

primer untuk kulit kering

Berikut rekomendasi primer terbaik untuk kulit kering yang bisa Anda coba.

1. LT Pro Aquaboost Primer

Sebagai primer, LT Pro Aquaboost bisa berfungsi sebagai pelembap kulit. 

Ada beberapa kandungan penting untuk menghidrasi kulit Anda, di antaranya caprylic/capric triglyceride, propylene glycol, dan minyak beras. 

Ketiga kandungan tersebut mampu melembutkan kulit, menarik air dari lingkungan ke permukaan kulit, hingga mencegah penguapan air di kulit.

Produk ini juga memiliki perlindungan terhadap paparan matahari karena mengandung SPF 16. Meski begitu, Anda tetap perlu tabir surya untuk perlindungan kulit maksimal.

Nomor registrasi BPOM: NA18190305447

2. Focallure Glow Max Hydrating Primer

Primer ini cocok untuk mempersiapkan kulit kering sebelum menggunakan riasan.

Focallure Glow Max Hydrating Primer mengandung berbagai bahan yang bekerja sebagai pelembap, di antaranya gliserin, caprylic/capric triglyceride, beeswax, dan hyaluronic acid

Karena memiliki efek melembapkan, kulit tampak lebih kenyal sehingga garis halus tersamarkan sesaat.

Nomor registrasi BPOM: NA11210300041

3. Make Over Hydration Serum

Produk ini multifungsi, bisa menjadi serum ataupun primer. Make Over Hydration Serum mengandung panthenol atau provitamin B5 yang baik untuk menghidrasi kulit. 

Selain itu, primer lokal untuk kulit kering ini diperkaya dengan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan atau pelindung dari radikal bebas.

Teksturnya gel sehingga tetap ringan di wajah meskipun membantu melembapkan kulit.

Kemasan produk ini juga terproteksi dengan baik, jadi isi primer tidak mudah tumpah. Namun, hati-hati karena kemasannya terbuat dari kaca.

Nomor registrasi BPOM: NA18150100132

4. Studio Tropik Flawless Priming Water

Berbeda dari produk sebelumnya, Studio Tropik Flawless Priming Water merupakan primer cair yang disemprot.

Primer untuk kulit kering ini terasa ringan dan mudah menyerap.

Meski ringan, produk ini mengandung Aloe vera dan rosewater yang menjaga kelembapan kulit. Produk ini juga diklaim bebas alkohol sehingga tidak mengiritasi kulit.

Anda juga bisa menggunakannya setelah make-up agar kulit tetap lembap, kenyal, dan make-up semakin menyatu dengan kulit.

Nomor registrasi BPOM: NA18211208903

5. PIXY Make It Glow Beauty Skin Primer

PIXY Make It Glow Beauty Skin Primer merupakan salah satu primer terbaik untuk kulit kering. 

Produk ini mengandung beberapa minyak alami yang melembapkan sekaligus mencegah penguapan air di kulit, di antaranya minyak zaitun dan minyak jojoba. 

Merk face primer untuk kulit kering ini sudah memiliki warna sehingga membantu menyamarkan warna kulit tidak rata dan noda hitam. Produk ini juga mengandung SPF 35 yang melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Karena produk ini mengandung beberapa minyak, sebaiknya gunakan pada tipe kulit wajah yang sangat kering.

Nomor registrasi BPOM: NA18180300501

6. Mother of Pearl Anti Cakey Lock and Smooth Gripping Primer

Ini adalah primer lokal untuk kulit kering sekaligus berminyak. 

Produk ini memberikan hasil akhir yang dewy. Jadi, akan ada efek berkilau yang cocok untuk kulit kering yang tampak kusam.

Primer dari Mother of Pearl mengandung beberapa bahan penting untuk melembapkan sekaligus menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh, di antaranya gliserin, peptide, castor oil, niacinamide, ekstrak alga merah, dan ekstrak kunyit.

Pastikan Anda menunggu primer menyerap maksimal sebelum menggunakan foundation atau krim lainnya. Hal ini mencegah riasan tidak rata.

Nomor registrasi BPOM: NA18210300271

7. Luxcrime Perfect Canvas – Hydro Blur Finish Primer

Merek Luxcrime memiliki rekomendasi primer untuk kulit kering. Primer dari Lucxrime bertekstur gel sehingga mudah menyerap dan tidak menggumpal dengan riasan. 

Primer ini diklaim bisa menyamarkan permukaan kulit sehingga tampak lebih mulus.

Produk ini mengandung beberapa jenis bahan yang melembapkan kulit, di antaranya gliserin, castor oil, allantoin, dan microcrystalline wax. Perlu diingat, primer Luxcrime ini mengandung alkohol denat.

Nomor registrasi BPOM: NA18220300381

8. Azarine Let It Glow Hydraveil Primer Serum

Selain sebagai primer, produk Azarine yang satu ini bisa digunakan sebagai serum untuk kulit kering.

Produk ini mengandung bahan yang melembapkan, menenangkan, sekaligus mencerahkan kulit kering, seperti hyaluronic acid, ekstrak Centella asiatica, provitamin B5, ceramide, dan allantoin.

Efek melembapkan pada primer ini bisa membuat kulit terasa lebih terhidrasi, kenyal, dan berkilau.

Nomor registrasi BPOM: NA18200107402

9. ESQA Gleam Primer Serum Hydrating

ESQA memiliki rekomendasi primer untuk kulit kering yang bisa digunakan sebagai serum pelembap. Produk ini berbahan dasar air sehingga mudah diserap dan terasa lebih ringan.

Produk ini memiliki beberapa bahan yang membuat kulit tetap terhidrasi, yaitu hyaluronic acid, glycerin, dan minyak zaitun. 

Primer ini juga mengandung mandelic acid dan ekstrak bearberry yang mencerahkan kulit sekaligus berperan sebagai antioksidan.

Nomor registrasi BPOM: NA18210300688

10. Ultima II Delicate Under Make Up

Salah satu merk face primer untuk kulit kering yang kerap digunakan para make-up artist adalah Ultima II. 

Produk ini bisa menghidrasi kulit berkat kandungan hyaluronic acid, vitamin E, peptide, sodium PCA, dan glycerin

Selain itu, Ultima II Delicate Under Make Up ini diklaim menyamarkan pori-pori besar dan garis halus. Warna pada primer  ini juga cocok untuk kulit sensitif karena bisa mengurangi kemerahan di wajah. 

Produk ini juga bebas alkohol sehingga tidak mengiritasi kulit kering.

Nomor registrasi BPOM: NA18200300281

Primer yang cocok bagi kulit kering sebaiknya mengandung berbagai jenis bahan pelembap. Kulit yang lembap dan terhidrasi penting untuk membuat hasil riasan tampak berkilau dan tahan lebih lama.

Hello Health Group does not provide medical advice, diagnosis or treatment.

https://wp.hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/rekomendasi-primer-kulit-kering/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss