Jangan Abai, 2 Gangguan Ini di Tubuh Tanda Kolesterol Tinggi – VIVA – VIVA.co.id
By: Date: 8 Juni 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Rabu, 8 Juni 2022 – 14:09 WIB

VIVA – Kolesterol tinggi memang kerap sulit dikenali karena jarang menimbulkan gejala yang khas di tubuh. Namun kini, penelitian terbaru menemukan bahwa munculnya gangguan fungsi penciuman dan perasa bisa menjadi gejala kolesterol tinggi mengintai.

Kolesterol tidak berbahaya pada dasarnya. Faktanya, zat lilin ini membantu membangun sel-sel sehat. Namun, kolesterol tinggi, di mana Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah, dapat menyumbat arteri Anda dan ini terbukti dapat mengancam jiwa.

Sayangnya, kolesterol tinggi biasanya tidak menghilangkan tanda-tanda peringatan, yang membuatnya berbahaya. Hal ini tidak selalu terjadi. Bukti yang berkembang telah mengaitkan kadar kolesterol tinggi dengan perubahan nyata dalam tubuh.

Beberapa perubahan yang paling mencolok termasuk dalam kategori disfungsi sensorik, yaitu penciuman dan pengujian. Dikutip dari laman Express, Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, dua gangguan penciuman yang “lebih buruk” dikaitkan dengan kadar kolesterol yang “lebih tinggi”.

Para peneliti memeriksa hubungan antara disfungsi atau gangguan indera rasa dan bau serta konsentrasi kolesterol darah. Disfungsi bau dan rasa dinilai dengan menggunakan kuesioner.

Gejala kolesterol tinggi.

Gejala kolesterol tinggi.

Berkenaan dengan disfungsi penciuman, semua peserta ditanya pertanyaan berikut: Apakah Anda memiliki masalah dengan indera penciuman Anda, seperti tidak dapat mencium sesuatu atau hal-hal yang tidak berbau seperti yang seharusnya selama ini?

Peserta dikategorikan ke dalam tiga kelompok berdasarkan jumlah gangguan fungsi penciuman dan pengecapan, mulai dari 0 (terbaik) hingga 2 (terburuk).