Jarang Terdeteksi di Stadium Awal, Ternyata Ini 6 Faktor Risiko Kanker Ovarium – HaiBunda
By: Date: 16 Januari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Ovarium merupakan salah satu organ penting yang ada di alat reproduksi wanita, Bunda. Sama seperti ginjal, tubuh seorang wanita juga memiliki satu pasang ovarium yang terdapat di bagian kanan dan kiri.

Setiap tubuh manusia bisa terkena kanker. Tak terkecuali bagian ovarium. Ovarium yang normal biasanya hanya memiliki ukuran sekitar 2 sentimeter. Namun, ukurannya akan bertambah menjadi 50 sentimeter saat menjadi kanker.

Kanker ovarium ternyata juga diidap oleh seorang artis ternama Shahnaz Haque. Ia mengaku telah menderita kanker ini sejak tahun 1998, Bunda.


Mulanya, Shahnaz merasa ada yang tidak beres dalam tubuhnya karena ia tidak mendapatkan menstruasi, padahal saat itu dirinya belum menikah dan tidak hamil.

Ia pun memutuskan untuk pergi ke dokter. Dokter pun langsung menanyakan adakah riwayat penyakit yang diderita oleh keluarga Shahnaz.

Shahnaz pun menceritakan bahwa sang Bunda dan neneknya meninggal karena kanker ovarium. Tak lama, adik dari sang Bunda pun meninggal karena hal yang sama.

Mendengar hal ini, dokter pun memeriksakan kesehatan Shahnaz Haque. Benar saja, Shahnaz positif mengidap kanker ovarium.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

Perjuangan Shahnaz tak membuatnya merasa takut untuk sembuh dari penyakitnya, Bunda. Ia bahkan telah diangkat sebagai Duta Peduli Kanker Ovarium.

“Jadi ingat Mama (perasaan setelah diangkat jadi duta). Jadi ingat ibu saya. Ayo bergerak bersama (melawan kanker ovarium). Perasaan saya (diangkat jadi duta) semangat untuk kita bergerak bersama,” katanya dalam Konferensi Pers Kampanye 10 Jari: Bersama, Kita Bisa Menghadapi Kanker Ovarium, pada Kamis (13/1/2022).

Selain mengungkapkan bagaimana perasaannya, Shahnaz juga mengaku kalau para penyintas sebaiknya tidak perlu takut untuk melakukan pengobatan bersama dokter. Walaupun salah satu ovarium seseorang diangkat, mereka tetap bisa hidup, bahkan memiliki anak, Bunda.

“Jangan pernah takut sama pengobatannya. Takut sama penyakitnya. Banyak orang pergi ke dukun karena takut ovariumnya akan diambil dan tidak memiliki anak,” jelas wanita 49 tahun ini.

Setiap wanita memiliki risiko terkena kanker ovarium, Bunda. Karena itu, Bunda perlu tahu faktor yang menjadi risikonya.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video tips cegah kanker payudara berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]