Jenis Pengobatan Tradisional Melayu yang Bermanfaat Sampai … – prokabar
By: Date: 30 Desember 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Dibaca : 114

Oleh : Nurul Asri

Mahasiswa Universitas Andalas

Alam tidak dapat dipisahkan dari manusia serta pengobatan tradisional. Manusia bergantung pada bahan-bahan yang terdapat di alam sekitarnya.

Pengobatan tradisional adalah pengobatan dengan menggunakan metode tradisional baik itu ilmunya, pengalamannya maupun keterampilan yang diwariskan secara turun temurun di masyarakat. Nah, pada artikel ini permasalahan yang akan dibahas adalah “Pengobatan Tradisional Melayu”.

Pengobatan tradisional melayu adalah pengobatan dengan metode tradisional yang berkaitan dengan budaya melayu. Saat ini banyak istilah-itilah yang digunakan untuk pengobatan tradisional seperti herbal medicine, alternatif medicine, natural medicine dan lainnya.


Istilah-istilah tersebut sama intinya dengan pengobatan tradisional yang lahir dari masyarakat.
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak jenis tumbuh-tumbuhan, akar-akaran atau bahan alami lainnya.

Hal ini tentunya juga dapat berpengaruh dengan pengobatan tradisional. Banyak macam obat tradisional yang dapat ditemui. Dahulu kala nenek moyang senang meracik berbagai obat-obatan dan jamu karna banyaknya bahan alami yang tersedia. Racikan tersebut memiliki banyak manfaat baik itu untuk menyembuhkan berbagai penyakit, menambah kecerdasan maupun untuk mempercantik atau merawat diri. Obat tradisional yang ada pada saat ini merupakan hasil racikan nenek moyang yang telah turun temurun.

Dalam kitab Tibb Al-Nabawi yang merupakan peradaban alam melayu nusantara (pengobatan tradisional) terdapat beberapa macam obat yang dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, seperti ketika
Muntah darah, obatnya air batang kayu manis dan madu diminum 3 kali sehari,
Badan sakit-sakit obatnya 7 buah pinang jantan dan daun pandan dihaluskan dan diminum 3 kali sehari dan penyakit lainnya.

Manfaat lainnya yaitu :
Batuk. Obatnya air perasan jahe dan madu dimasak dengan air mendidih kemudian diminum.

Sakit telinga (bernanah). Obatnya potong pipih akar pisang dan dicampur dengan bawang putih kemudian airnya ditetskan ke telinga.


Penawar racun. Obatnya haluskan buah pala kemudian dicampur dengan air mendidih dan diminum. (*)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik