Kabar Duka! Fajri Pria Obesitas 300 Kg Dinyatakan Meninggal Dunia di RSCM
By: Date: 22 Juni 2023 Categories: Obesitas

Suara.com – Muhammad Fajri, pria berbobot 300 kg yang sempat viral beberapa waktu lalu dinyatakan meninggal dunia setelah sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh Direktur RSCM dr Lies Dina Liastuti. Meski demikian, pihaknya belum bisa menyampaikan detail mengenai hal tersebut. Nantinya, akan ada rilis yang dibuat terkait penjelasan meninggalnya Fajri

“Betul, meninggal dunia. Kami akan mengumumkan releasenya nanti,” kata Lies saat dikonfirmasi, Kamis (22/6/2023).

Kisah Fajri sendiri awalnya menjadi viral dari video evakuasi yang ramai di media sosial. Fajri dievakuasi dengan bantuan Petugas UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciledug. Tidak hanya itu, Fajri juga sampai harus diangkut oleh truk pick up menuju ke RSUD kota Tangerang.

Baca Juga: Fajri Lelaki Berbobot 300 Kilogram Meninggal, Risiko Kematian Obesitas Bisa Sampai 100 Persen

Muhammad Fajri pria berbobot 300 kilogram terbaring di rumah sakit. (RSUD Kota Tangerang/Wawan Kurniawan)
Muhammad Fajri pria berbobot 300 kilogram terbaring di rumah sakit. (RSUD Kota Tangerang/Wawan Kurniawan)

Kepala UPT BPBD Ciledug Mulyadi mengatakan, proses pengangkutan Fajri itu memakan waktu hingga 2 jam lamanya sampai ia bisa dibawa ke RSUD kota Tangerang.

“Proses evakuasi tersebut memakan waktu 2 jam,” kata Mulyadi.

Setelah mendapat perawatan di RSUD kota Tangerang, rupanya tidak menunjukkan perbaikan yang signifikan. Hal ini karena adanya kendala keterbatasan alat. Oleh sebab itu, Fajri dirujuk ke dirujuk ke RSCM pada Rabu (7/6/2023).

“Dokter spesialis penyakit dalam kami sedang memantau kondisi pasien di RSUD Kota Tangerang dan memberikan perawatan intensif,” ujar Kepala Humas RSUD Kota Tangerang, drg. Fika Khayan, pada Kamis (9/7/2023).

Sementara itu, awal mula masalah Fajri ini disebabkan karena ada nyeri pada bagian kaki. Hal tersebut membuat Fajri mengalami kesulitan untuk berjalan. Akibatnya, berat badan Fajri mengalami kenaikan hingga mencapai 300 kg.

Baca Juga: Pria Berbobot 300 Kg Dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jenazah M Fajri Bakal Diangkut Pakai Forklit dan Takel Katrol

Berdasarkan keterangan Dr Fika, tidak ditemukan penyakit selain obesitas yang dialami oleh Fajri. Hanya saja kala itu Dr Fika mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil dari tes laboratorium untuk mendapat kepastian mengenai kondisi kesehatan Fajri.

“Kami belum dapat menemukan penyakit selain obesitas karena masih awal dalam penanganannya. Kami masih melakukan observasi terhadap hasil dari laboratorium dan pemeriksaan radiologi,” pungkas Dr Fika.

https://www.suara.com/health/2023/06/22/114500/kabar-duka-fajri-pria-obesitas-300-kg-dinyatakan-meninggal-dunia-di-rscm