Kanker Payudara Stadium 3: Tahap, Harapan Hidup, dan Pengobatan
By: Date: 5 Oktober 2019 Categories: Hidup Sehat,Kanker Payudara,kanker payudara stadium 3,mengobati kanker payudara,Pengobatan Kanker Payudara,penyebaran sel-sel kanker,sel kanker,stadium kanker,stadium kanker payudara

Mungkin dunia serasa runtuh ketika dokter mendiagnosis Anda kanker payudara stadium 3. Akan timbul banyak pertanyaan di benak Anda mengenai apa artinya, apa pengobatannya, dan sampai berapa lama perkiraan harapan hidupnya. Satu yang pasti, stadium dibuat untuk menentukan keparahan kondisi dan seberapa jauh penyebaran sel kanker di tubuh. Setiap stadium kanker payudara memiliki cara pengobatan dan risiko yang berbeda. Berikut ulasannya untuk Anda.

Apa artinya jika didiagnosis kanker payudara stadium 3?

sembuh dari kanker payudara

Kanker payudara stadium 3 adalah kondisi sel kanker yang telah menyebar hingga ke luar payudara. Namun, penyebaran kanker masih terbatas hingga ke jaringan terdekatnya saja, seperti ke kelenjar getah bening atau otot sekitar payudara, dan belum menyebar ke organ-organ lain semisal jantung atau hati.

Kanker di tahap ini sudah dianggap masuk stadium lanjut. Dikatakan lanjut karena biasanya perkembangan kanker lebih agresif dan ada kemungkinan muncul kembali setelah diobati. Meski demikian, ini bukan berarti tidak dapat disembuhkan sama sekali.

Pembagian kategori kanker payudara stadium 3

Secara umum, dokter membagi kanker payudara stadium 3 dalam tiga kategori spesifik, yaitu:

Stadium 3A

Ada tiga kemungkinan yang mungkin Anda alami di fase ini, yaitu:

  • Mungkin ada (atau tidak ada) tumor di payudara, dengan ukuran kecil hingga besar. Sel kanker ditemukan di 4 sampai 9 kelenjar getah bening di sekitarnya
  • Tumor berukuran lebih besar dari 5 cm dan ada kelompok kecil sel kanker yang ditemukan di kelenjar getah bening di dekatnya
  • Tumor berukuran lebih besar dari 5 cm dan ditemukan hingga di 3 kelenjar getah bening terdekat di bawah lengan atau dekat tulang dada

Sttadium 3B

Stadium 3B artinya tumor telah menyebar ke kulit payudara atau dinding dada. Dinding dada adalah struktur yang mengelilingi dan melindungi paru-paru seperti tulang rusuk, otot, kulit, atau jaringan ikat.

Kanker juga sudah membuat kulit rusak dan menyebabkan pembengkakan. Bahkan di tahap ini kanker kemungkinan telah menyebar hingga ke 9 kelenjar getah bening di ketiak atau dekat tulang dada.

Stadium 3C

Payudara biasanya memiliki tumor dengan ukuran berapa pun atau bisa jadi malah tidak ada tumor sama sekali. Selain itu, kanker juga telah menyerang dinding dada atau kulit payudara sehingga mengakibatkan peradangan atau luka borok.

Di stadium ini, Anda juga biasanya mengalami salah satu kondisi berikut:

  • Sel kanker ditemukan di 10 atau lebih kelenjar getah bening ketiak
  • Kanker ditemukan di kelenjar getah bening yang mencapai tulang selangka
  • Kanker ditemukan di kelenjar getah bening di bawah lengan dan dekat tulang dada

Untuk lebih jelas mengetahui keseluruhan kondisi tubuh Anda, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada dokter yang menangani Anda.

Angka harapan hidup pengidap kanker payudara stadium 3

herceptin obat kanker payudara risiko penyakit jantung

Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, angka harapan hidup wanita pengidap kanker payudara stadium 3 selama 5 tahun adalah sekitar 72 persen.

Maksudnya, sekitar 72 dari 100 wanita pengidap kanker stadium 3 diperkirakan akan tetap bertahan hidup selama 5 tahun setelah didiagnosis. Sebagai perbandingan, angka harapan hidup untuk wanita dengan kanker payudara stadium 0 dan 1 hampir 100 persen, untuk kanker payudara stadium 2 sekitar 93 persen, dan stadium 4 sekitar 22 persen.

Sementara itu, pria dengan kanker payudara stadium 3 memiliki peluang harapan hidup yang sedikit lebih tinggi, yaitu 75 persen. Jika dibandingkan angka harapan hidup pria pada stadium 0 dan 1 sekitar 100 persen, sedangkan stadium 2 sekitar 87 persen dan stadium 4 sekitar 25 persen.

Menurut American Cancer Society, peluang harapan hidup dapat juga terus meningkat sepanjang waktu. Apalagi kemajuan pengobatan juga sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Semua ini juga tergantung pada beberapa faktor, dari usia, kebugaran fisik, respon tubuh terhadap pengobatan, jenis kelamin, ukuran tumor, dan banyak faktor lainnya. Untuk mendapatkan angka harapan hidup yang lebih akurat, konsultasikan dengan dokter.

Pilihan pengobatan kanker payudara stadium 3

lama efek kemoterapi

Pada stadium 3, sel kanker telah menyebar luas hingga ke luar payudara dan kelenjar getah bening di dekatnya. Maka rencana pengobatannya biasanya melibatkan kombinasi beberapa terapi sekaligus. Cara ini dikatakan lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan satu jenis metode pengobatan saja.

Berikut berbagai pilihan perawatan yang direkomendasikan untuk pasien kanker payudara stadium 3:

Kemoterapi

Kemoterapi menjadi pengobatan utama untuk kanker payudara stadium 3. Kemoterapi terkadang dilakukan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor sehingga lebih mudah untuk diangkat. Kemoterapi juga bisa dilakukan setelah operasi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang tersisa setelah operasi.

Biasanya obat kemoterapi dikonsumsi dengan minum pil atau versi cairnya disuntikkan langsung ke dalam pembuluh darah.

Operasi

Untuk mengobati kanker payudara stadium 3, dokter juga kerap menyarankan operasi atau pembedahan. Ada dua jenis pembedahan yang biasa direkomendasikan yaitu lumpektomi dan mastektomi.

Lumpektomi adalah pengangkatan tumor dan jaringan yang terkena di sekitar payudara. Sementara mastektomi adalah kondisi saat seluruh jaringan payudara diangkat termasuk kelenjar getah bening jika diperlukan.

Radiasi

Radiasi adalah prosedur yang biasanya direkomendasikan setelah operasi untuk membantu menghancurkan sel kanker yang mungkin masih tertinggal. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan sinar radiasi berenergi tinggi.

Terapi hormon

Terapi hormon adalah jenis pengobatan yang dilakukan dengan menghambat kerja hormon dan mencegah perkembangan sel kanker. Terapi ini umumnya hanya efektif pada jenis sel kanker yang sensitif terhadap hormon.

Obat-obatan yang diberikan membantu mencegah tumor atau sel kanker mendapatkan hormon yang dibutuhkan untuk tumbuh. Obat juga bisa menghentikan indung telur untuk melepaskan hormon.

Obat-obatan yang biasanya digunakan yaitu:

  • Aromatase inhibitor anastrozole (Arimidex)
  • Exemestane (Aromasin)
  • Letrozole (Femara) untuk wanita pascamenopause

Terapi target

Terapi target adalah jenis perawatan yang dilakukan hanya dengan menargetkan sel kanker tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

Dokter akan menganjurkan terapi target jika sel-sel kanker payudara menunjukkan HER2/neu (perubahan genetik yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker).

Sumber foto: Bude & Beyond

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)