Kasus Naik Tajam, Cacar Monyet Bakal Jadi EndemI? Ini Wanti-wanti WHO – detikHealth
By: Date: 7 Juni 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyorot risiko kesehatan global kini dalam kondisi ‘sedang’ terkait merebaknya virus cacar monyet di sejumlah negara. Lantas, akankah cacar monyet menjadi penyakit endemik?

“Risiko kesehatan masyarakat bisa menjadi tinggi jika virus ini memanfaatkan kesempatan untuk memperkuat dirinya sebagai patogen manusia dan menyebar ke kelompok yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah seperti anak kecil dan orang yang mengalami gangguan kekebalan,” beber WHO dalam penilaian risiko yang dikeluarkan pada Minggu (5/7/2022), dikutip dari CNN.

WHO menegaskan, diperlukan tindakan cepat dari banyak negara untuk menekan risiko penyebaran di kelompok berisiko. Khususnya, di negara-negara luar Afrika yang sebelumnya tidak hidup dengan cacar monyet sebagai penyakit endemik.

“Tindakan segera dari negara-negara diperlukan untuk mengendalikan penyebaran lebih lanjut di antara kelompok-kelompok berisiko, mencegah penyebaran ke populasi umum dan mencegah pembentukan cacar monyet sebagai kondisi klinis dan masalah kesehatan masyarakat di negara-negara non-endemik saat ini,” sambung WHO.

Masih Terlalu Sedikit Pengetahuan Seputar Cacar Monyet

Dalam kesempatan lainnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menegaskan kini masih terlalu dini untuk memastikan virus cacar monyet bakal menjadi penyakit endemik di AS. Namun para ahli tetap berharap, hal tersebut tak bakal terjadi.

Wakil Direktur Divisi Patogen dan Patologi Konsekuensi Tinggi CDC, Dr Jennifer McQuiston, menyebut kini pihaknya tengah dalam penyelidikan awal terkait potensi cacar monyet menjadi penyakit endemik. Lainnya, ahli biologi evolusioner dan profesor di University of Arizona, Michael Worobey, menyebut kini masih terlalu sedikit pengetahuan seputar penyakit cacar monyet.

“Apa yang kami temukan di sini, secara real time, adalah bahwa kami hanya tahu sedikit tentang apa yang sedang terjadi dan saya pikir masih terlalu dini untuk memberikan kepastian,” ujarnya.

Simak Video “Tanggapan WHO soal Heboh Cacar Monyet Dilabeli Penyakit Gay
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)