Kaya Nutrisi Penting, Ini Manfaat Konsumsi Ikan Tilapia
By: Date: 7 Desember 2023 Categories: Ikan,kesehatan

Suara.com – Ikan merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia, konsumsi ikan diyakini jadi langkah yang bagus dalam meningkatkan asupan makanan sehat, karena ikan memiliki banyak manfaat kesehatan

Salah satu jenis ikan yang punya kandungan lengkap dan patut dicoba adalah Ikan Tilapia. Ikan satu ini mempunyai rasa yang lezat dan harga yang terjangkau, jenis ikan ini telah menjadi pilihan favorit para penggemar ikan.

Dr.Ing. Dase Hunaefi, menekankan pentingnya makan ikan sebagai sebuah investasi jangka panjang dari nutrisi memadai yang terkandung di dalamnya.

Seperti ikan tilapia yang memiliki kandungan protein tinggi dan nutrisi penting lainnya, seperti Omega-6, vitamin D dan asam amino esensial.

Ikan Talapia dikenal memiliki Protein yang Tinggi, dalam setiap 100 gram daging ikan tilapia, terdapat sekitar 26.2 gram protein. Ini menjadikan ikan tilapia sebagai sumber protein hewani yang sangat baik bagi tubuh Anda, mengingat 100 gram ikan tilapia sudah mencukupi sekitar 30% angka kebutuhan gizi dalam sehari.

Lalu ikan ini juga kaya akan Vitamin D. Bahkan, dalam 100 gram daging ikan tilapia, sudah lebih dari cukup untuk memenuhi angka kebutuhan gizi dalam sehari.

Salah satu keuntungan besar lainnya dari ikan tilapia adalah kandungan lemak yang rendah. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan lemak jenuh.

“Ikan memberikan banyak keunggulan. Salah satunya, adalah protein. Yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel tubuh,” kata Dr. Dase di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Protein dikenal dapat membantu menjaga kesehatan organ vital, juga membantu dalam manajemen berat badan. Selain itu, protein ikan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia, lebih baik dibandingkan sumber protein hewan lainnya, seperti ayam, daging sapi atau kambing.

Ikan tilapia yang rendah kalori dan juga bebas lemak jenuh yang berbahaya, menjadikannya makanan ideal bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Ketua Tim Kerja Promosi Dalam Negeri Direktorat Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan & Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Emy Khonifah dalam paparannya menyatakan bahwa RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020 -2024, ikan dinyatakan sebagai salah satu sumber pangan domestik yang ketersediaanya menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam mencapai keamanan pangan dan gizi.

“Saat ini KKP terus mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, pemerintah hingga perusahaan untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional melalui konsumsi ikan dalam upaya penurunan prevalensi stunting,” kata Emy.

Sementara itu, Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang digelar setiap  21 November, menjadi momentum  untuk mengingatkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan berprotein tinggi dan menyehatkan.

Memperingati Harkannas 2023 ini, Regal Springs Indonesia (PT Aqua Farm Nusantara) bersama KKP mengampanyekan pentingnya menjamin ketersediaan pangan yang aman, bergizi serta produksi pangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

President Director Regal Springs Indonesia, Rudolf Hoeffelman menjelaskan bahwa tujuan kegiatan edukasi ini merupakan upaya perusahaan bersama semua pihak untuk meningkatkan kualitas generasi di masa mendatang, salah satunya dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran vital sumber makanan yang baik.  

“Ikan Tilapia saat ini menjadi salah satu dari lima komoditas ekspor utama di sektor perikanan yang terus meningkat di Indonesia. Untuk memenuhi permintaan serta standar pasar internasional itulah kami berkomitmen untuk memastikan produk ikan tilapia kami dibudidayakan dan diproduksi selaras dengan prinsip cara budidaya ikan yang baik,” jelas Rudolf.

https://www.suara.com/health/2023/12/07/150000/kaya-nutrisi-penting-ini-manfaat-konsumsi-ikan-tilapia