Ketahui 10 Manfaat Black Sapote Berdasarkan Kandungannya
By: Date: 6 Desember 2023 Categories: makan buah

Walaupun tidak berasal dari Indonesia, banyak orang mencari-cari buah black sapote. Buah yang dikenal sebagai kesemek hitam ini disebut-sebut berkhasiat tinggi untuk kesehatan.  Memangnya, apa saja kandungan buah black sapote?

Kandungan zat gizi buah black sapote

Black sapote atau dikenal dengan nama ilmiah Diospyros digyna berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. 

Bila Anda perhatikan dari luar, buah ini sekilas tampak seperti buah kesemek tapi berwarna hijau. Bila dibelah, buah dagingnya berwarna hitam. Karena tampilannya inilah, buah ini disebut sebagai kesemek hitam.

Meski warnanya hitam, rasa buahnya tidak pahit. Beberapa orang mengatakan jika black sapote memiliki rasa mirip seperti puding cokelat. Ada pula yang mengatakan rasanya cenderung hambar atau sedikit manis.

Bagaimana dengan kandungan gizinya? Sebanyak 100 gram buah black sapote mengandung zat gizi berikut ini.

  • Serat: 5,4 gram (g).
  • Gula: 20 g.
  • Protein: 1,5 g.
  • Karbohidrat total: 32 g.
  • Kalsium: 18 miligram (mg).
  • Kalium: 454 mg.
  • Zat besi: 0,8 mg.
  • Vitamin A: 7 mikrogram (mcg).
  • Vitamin B1: 0,013 mg.
  • Vitamin B2: 0,116 mg.
  • Vitamin B3: 1,432 mg.
  • Asam folat: 7 mcg.
  • Vitamin C: 23 mg.
  • Vitamin E: 2,11 mg.

Manfaat black sapote untuk kesehatan

buah yuzu naikkan mood saat PMS

Berdasarkan kandungan zat gizi yang sudah disebutkan, konsumsi buah kesemek hitam dapat memberikan berbagai manfaat sebagai berikut.

1. Menstabilkan tekanan darah

Mengonsumsi buah black sapote bisa membantu mencukupi asupan kalium harian. Kalium digunakan tubuh untuk menjaga kadar natrium tetap normal dan melenturkan pembuluh darah. Efeknya ini dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Sebaliknya, kurang asupan kalsium namun sering mengonsumsi makanan tinggi garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi alias hipertensi.

2. Mencegah penyakit jantung

Khasiat black sapote dalam menstabilkan tekanan darah berkaitan erat dengan kesehatan jantung. 

Pasalnya, tekanan darah tinggi (hipertensi) memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah. Akibatnya, masalah pada jantung bisa terjadi, salah satunya gagal jantung.

3. Menurunkan risiko kanker

Berdasarkan studi pada Food Chemistry, buah black sapote kaya antioksidan salah satunya likopen. Asupan tinggi makanan kaya likopen pada pria berpotensi menurunkan risiko kanker prostat.

Antioksidan sendiri bertugas untuk melawan radikal bebas yang jadi salah satu faktor risiko pembentukan sel kanker.

4. Membantu mengendalikan berat badan

Jika ingin menjaga berat badan tetap ideal atau menurunkan berat badan, buah ini bisa jadi salah satu pilihan makanan untuk diet. Alasannya karena buah black sapote mengandung banyak serat. 

Serat dapat membuat perut kenyang lebih lama. Efek ini bisa menekan rasa lapar sehingga Anda tidak ngemil makanan tidak sehat. Dengan begitu, asupan kalori bisa dikendalikan dan berat badan tetap stabil.

https://hellosehat.com/nutrisi/diet/diet-buah/

5. Sumber energi

Seperti makanan lainnya, black sapote mengandung sejumlah karbohidrat. Tubuh menggunakan karbohidrat tersebut sebagai bahan bakar pembuat energi.

Energi yang dihasilkan nantinya digunakan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Jadi, buah ini bisa Anda jadikan camilan penunda lapar sekaligus penambah energi.

6. Meningkatkan sistem imun

Vitamin C adalah vitamin larut air yang populer dengan perannya dalam mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh. 

Jadi begini, tubuh Anda tidak dapat membuat vitamin C dengan sendirinya. Oleh karenanya, Anda membutuhkan vitamin C dari makanan, contohnya buah black sapote

Vitamin C diketahui mendukung perbaikan jaringan di seluruh tubuh sekaligus mendukung kinerja sel darah putih.

7. Menjaga kesehatan saraf

Kesemek hitam mengandung beragam vitamin B, fungsinya menjaga kesehatan saraf. Ditambah dengan antioksidan lutein dan asam folat, konsumsi buah ini bisa membantu menjaga kesehatan mata.

Tidak hanya mata, otak pun terjaga kesehatannya jika Anda mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B kompleks dan antioksidan secara rutin.

8. Menyehatkan sistem pencernaan

Serat yang terkandung pada buah black sapote tidak hanya ampuh untuk menjaga berat badan, tapi juga menjaga kesehatan sistem pencernaan. Salah satu contohnya menurunkan risiko sembelit alias susah BAB.

Kandungan serat dan air menjaga tekstur feses tetap lunak. Dengan begitu, feses mudah melewati usus besar dan dikeluarkan dari tubuh.

https://hellosehat.com/pencernaan/makanan-kaya-serat-untuk-pencernaan/

9. Melindungi kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit tidak hanya mengandalkan produk skincare saja. Anda juga perlu memilih makanan yang tepat. Buah kesemek hitam kaya akan antioksidan, salah satunya vitamin E.

Nah, vitamin E bisa melawan radikal bebas dari polusi dan radiasi sinar matahari yang jadi penyebab kerusakan dan penuaan dini. 

10. Jaga kesehatan tulang

Terakhir, buah black sapote juga tinggi kalsium, fosfor, dan tembaga. Deretan mineral ini berfungsi dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang. 

Jadi, konsumsi makanan kaya kalsium ditambah paparan sinar matahari yang cukup setiap harinya mampu menjaga kesehatan tulang. 

[key-takeaways title=”Kesimpulan”]

Itulah beragam manfaat black sapote jika dilihat dari kandungan nutrisinya. Meskipun kaya manfaat, konsumsi buah tidak boleh berlebihan. Konsultasikan kepada dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu sebelum mengonsumsi buah ini.

[/key-takeaways]

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/buah-black-sapote/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss