Ketahui 5 Manfaat Purwoceng untuk Kesehatan
By: Date: 26 Agustus 2023 Categories: herbal,Herbal A-Z,obat herbal,purwaceng

Pernahkah Anda mendengar tanaman purwoceng? Tanaman purwoceng atau disebut juga purwaceng merupakan tanaman yang banyak tumbuh di dataran tinggi. Ada banyak manfaat purwoceng untuk kesehatan. Simak selengkapnya!

Kandungan purwoceng

Purwoceng adalah tanaman obat yang sering digunakan sebagai jamu untuk mengobati berbagai penyakit. 

Purwoceng yang memiliki nama latin Pimpinella pruatjan ini tumbuh subur di daerah dataran tinggi, seperti dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, Gunung Pangrango di Jawa Barat, serta daerah pegunungan Jawa Timur.

Manfaat purwoceng tentunya berasal dari zat fitokimia yang terdapat di dalamnya. 

Berikut kandungan zat fitokimia di dalam tanaman purwoceng. 

  • Saponin: berperan sebagai anti bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Alkaloid: memiliki sifat antibakteri dan dapat membunuh berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.
  • Flavonoid: berperan dalam mengurangi peradangan di tubuh.
  • Tanin: memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
  • Glikosida: cadangan gula temporer dalam tubuh.
  • Kumarin: berperan sebagai antivirus dan antikanker.
  • Psoralen: membantu pembentukan pigmen tubuh.

Selain itu, purwoceng memiliki kandungan steroid yang membuatnya sering dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk meningkatkan gairah seksual pria. 

Manfaat purwoceng untuk kesehatan

Berikut beberapa khasiat purwoceng untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Melawan bakteri penyebab infeksi

cronobacter

Tanaman purwoceng dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi. Studi dalam Jurnal Ilmu Hayat meneliti tentang manfaat ekstrak purwoceng untuk membunuh bakteri Escherichia coli .

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa senyawa alkaloid di dalam tanaman ini memiliki sifat antibakteri.

Senyawa alkaloid diketahui dapat merusak pembentukan dinding sel pada sel bakteri, sehingga lapisan dinding sel bakteri Escherichia coli tidak dapat berkembang sempurna.

Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari penyakit akibat infeksi bakteri Escherichia coli, seperti diare.

2.  Mengobati kanker paru-paru

Selain mengatasi infeksi, purwoceng diketahui dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit kanker paru-paru.

Ekstrak tanaman herbal ini diketahui memiliki efek antiproliferasi yang berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan efek sitotoksik yang bekerja dengan merusak sel kanker.

Oleh karena itu, ekstrak purwoceng dianggap dapat berpotensi untuk digunakan dalam terapi pengobatan kanker paru-paru. Namun, studi yang ada mengenai manfaat ini masih perlu ditinjau lebih lanjut.

3. Meningkatkan vitalitas dan gairah seksual pria

Ekstrak tanaman purwoceng juga telah lama dikenal dapat bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas dan gairah seksual pada pria.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam situs Dspace Repository Universitas Islam Indonesia melakukan uji coba pada tikus untuk melihat efektivitas ekstrak purwoceng dalam mempengaruhi perilaku seksual.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas seksual pada kelompok tikus yang diberikan ekstrak tanaman purwaceng. 

Kandungan steroid yang terdapat di dalam purwoceng memengaruhi peningkatan hormon testosteron pada pria. Meningkatnya hormon ini dapat berdampak pada peningkatan hasrat seksual.

4. Menangkal radikal bebas

Purwoceng juga diketahui bermanfaat sebagai obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tanaman purwaceng memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Sifat antioksidan di dalam tanaman ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Pada dasarnya, radikal bebas merupakan zat yang berasal dari lingkungan, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, serta radiasi.

Jumlah radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel atau dikenal dengan istilah stres oksidatif. 

Oleh karena itu, tubuh membutuhkan antioksidan yang dapat bekerja dengan menetralkan sekaligus mencegah kerusakan sel yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-daun-waru/

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi umumnya dapat terjadi karena terdapat penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga aliran darah terganggu.

Purwoceng memiliki khasiat untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah.

Kandungan flavonoid di dalam purwoceng diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara meningkatkan senyawa oksida nitrat (NO) di dalam tubuh. 

Senyawa ini dapat berfungsi untuk melemaskan pembuluh darah sekaligus melebarkan pembuluh darah. Dengan demikian, aliran darah menjadi lancar.

Efek samping mengonsumsi purwoceng

Purwoceng memang sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Namun, Anda tetap harus memperhatikan konsumsinya.

Tanaman herbal ini mungkin dapat menyebabkan efek samping. Bagi beberapa orang, konsumsi purwoceng dapat menyebabkan reaksi alergi berupa gatal-gatal, ruam, atau kemerahan.

Oleh karena itu, jika muncul reaksi alergi setelah mengonsumsi ekstrak tanaman purwoceng, segera hubungi dokter. 

[article-spotlight id=”552128″]

Cara mengonsumsi purwoceng

Beragam manfaat yang terdapat di dalam tanaman purwoceng membuat tanaman herbal ini sering dijadikan obat untuk berbagai penyakit.

Anda dapat mengosumsi obat herbal ini dalam bentuk suplemen atau bubuk yang diolah menjadi minuman.

Selain itu, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk air rebusan. Caranya adalah dengan mencampurkan purwoceng dengan 3 gelas air.

Kemudian, rebus hingga air tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring, dan minum selagi hangat. 

Meskipun tanaman ini memiliki banyak manfaat, pastikan untuk mengonsumsinya dengan batas yang wajar.

[key-takeaways title=”Kesimpulan”]

  • Purwoceng atau purwaceng adalah tanaman herbal yang memiliki manfaat dari melawan infeksi hingga meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Namun, perlu diingat, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas purwoceng. Beberapa temuan berasal dari pengujian pada hewan. 
  • Jika Anda mengalami gejala alergi atau memiliki kekhawatiran mengenai efek samping dari konsumsi purwoceng, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

[/key-takeaways]

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-purwoceng/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss