Ketua IDI Buka Suara Soal Viral Ibu Ida Dayak Sembuhkan Stroke Lewat Urut: Dasar Ilmunya Beda!
By: Date: 4 April 2023 Categories: ketua idi,Stroke

Suara.com – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Adib Khumaidi, Sp.OT mengatakan viralnya Ibu Ida Dayak yang mengobati patah tulang hingga stroke melalui urut, disebabkan karena tingginya harapan masyarakat untuk bisa sembuh.

Menurut dr. Adib pengobatan alternatif seperti yang diberikan Ibu Ida Dayak, paling sering ditemukan sebagai upaya terakhir yang dilakukan pasien untuk mencari kesembuhan.

“Karena harapan yang besar, dan ekspektasi luar biasa dan kita tidak bisa menafikan itu, karena satu sisi kelompok yang dateng mungkin ada yang pernah berobat kan merasa tidak ada harapan akhirnya berobat ke sana,” ujar dr. Adib dalam acara diskusi di Kantor IDI, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2023).

Profil Ida Dayak (twitter.com)
Profil Ida Dayak (twitter.com)

Dokter yang juga spesialis ortopedi itu juga menemukan, pasien yang mendambakan hasil instan akan mencari pengobatan alternatif karena tidak memakan proses panjang dan minim rasa sakit, serta biaya yang murah.

Baca Juga: CEK FAKTA: Sok Jago Berani Serang Ida Dayak, Pesulap Merah Dibuang ke Sungai

Inilah sebabnya, IDI tidak bisa melarang masyarakat yang ingin berobat ke Ibu Ida Dayak, karena merupakan hak masyarakat memilih pengobatan.

“Ini yang kita kira tidak bisa menghindar atau melarang masyarakat yang mencoba mencari upayanya mendapatkan sebuah harapan kesembuhan,” tegas dr. Adib.

Ia menambahkan, sebagai organisasi kedokteran IDI tidak bisa berkomentar banyak, lantaran dasar ilmu kedokteran dan ilmu pengobatan yang dilakukan Ibu Ida Dayak cenderung berbeda, karena menggunakan pendekatan spiritual. 

“Artinya kami pun tidak bisa menjelaskan, apakah ini secara ilmiah kedokteran bukan dimaknai bahwa ini sebuah kesembuhan, karena dasar yang dipakai di dalam ilmunya berbeda,” tutup dr. Adib.

Sebelumnya, Ibu Ida Dayak curi perhatian publik karena kemampuannya mengobati orang sakit dengan cara yang tak biasa. Berdasarkan informasi yang beredar, ibu Ida Dayak dikatakan bisa menyembuhkan patah tulang, tidak bisa bicara atau bisu, saraf kejepit, hingga stroke.

Baca Juga: Cek Fakta: Detik-Detik Hotman Paris Resmikan Rumah Sakit Tradisional untuk Ida Dayak

Dalam video yang beredar di media sosial, para pasien yang datang ke pengobatan alternatif Ibu Ida Dayak itu bahkan dilaporkan sembuh dan kembali normal dalam waktu yang singkat.

Dalam proses pengobatan itu, ibu Ida Dayak hanya memakai minyak Bintang berwarna merah khas Kalimantan. Selain itu, ia juga melakukan tarian khusus yang menambah kesan ajaib untuk menyembuhkan pasiennya.
 

https://www.suara.com/health/2023/04/04/203318/ketua-idi-buka-suara-soal-viral-ibu-ida-dayak-sembuhkan-stroke-lewat-urut-dasar-ilmunya-beda