Ketua PERDOSRI Ungkap Peran Vital Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi
By: Date: 5 Oktober 2023 Categories: pandemi covid-19

Suara.com – Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia menjadi tantangan, sekaligus juga momen akselerasi bagi kemajuan pelayanan kesehatan. Pandemi juga membuat masyarakat semakin menyoroti peran dokter dalam menangani pasien. 

Termasuk salah satunya Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi. Ketua PP PERDOSRI Dr. Rumaisah Hasan, Sp.K.F.R., N.M. (K) menyampaikan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi berperan membantu memulihkan fungsi tubuh pasien yang mengalami gangguan atau disabilitas. 

Hal itu disampaikan oleh Rumaisah dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) XXII Tahun 2023 baru-baru ini. Saat pandemi terjadi, banyak pasien penderita Covid-19 mengalami berbagai gejala.

Pertemuan Ilmiah Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia. (Dok: Istimewa)
Pertemuan Ilmiah Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia. (Dok: Istimewa)

Beberapa di antaranya seperti kelelahan, sesak napas, dan lemah, yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah sejak awal didiagnosis terkena Covid-19.

Baca Juga:Dokter Boyke Ungkap Waktu Ideal Berhubungan Seks: Ternyata Tak Perlu Berjan-jam

Rumaisah mengatakan, kehadiran Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi membantu memulihkan kondisi pasien Covid-19. Salah satu dengan memberikan bantuan layanan rehabilitasi bagi pasien yang telah sembuh dari Covid-19.

“Di sini, para ahli yang tergabung dalam PERDOSRI berperan membantu pasien untuk mendapatkan kembali kekuatan dan fungsinya melalui paduan intervensi medik, keterapian fisik dan rehabilitasi lainnya yang memiliki peran penting dalam membantu pasien pulih dari dampak jangka panjang Covid-19,” tuturnya.

Menurutnya, pandemi menjadikan banyak profesional kesehatan tertantang untuk menciptakan bagaimana cara memberikan perawatan penyembuhan kepada pasien Covid-19. Termasuk juga Perdosri yang juga ikut memikirkan dan meningkatkan cara memberikan perawatan kepada pasien.

“Melalui kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan ini, para ahli mengeksplorasi cara-cara yang dapat dilakukan pasca pandemi, yang diharapkan bisa diadopsi oleh negara lain mengingat pandemi Covid-19 melanda hampir di semua negara,” kata Dr. Rumaisah.

Baca Juga:Dirawat Intensif di RS, Adik Kandung Jelaskan Kondisi Terbaru Doni Monardo: Dalam Keadaan Stabil

https://www.suara.com/health/2023/10/05/125845/ketua-perdosri-ungkap-peran-vital-dokter-spesialis-kedokteran-fisik-dan-rehabilitasi