Khasiat Sambiloto Sebagai Obat Alami Penyakit Mulai Diabetes Hingga Tifus, Begini Resep Membuatnya – Tribun Jogja
By: Date: 7 Mei 2021 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Tribunjogja.com – Pernah mendengar tanaman Sambiloto? Tanaman bernama ilmiah Andrographis paniculata ini punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Tanaman yang tersebar hampir di seluruh Pulau Jawa ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alias obat alami penyakit mulai tifus hingga Diabetes lho.

Tanaman yang terkenal dengan rasanya yang sangat pahit ini termasuk keluarga Acanthaceae yang bisa tumbuh hingga 1 meter.

sambiloto atau Andrographis paniculata
sambiloto atau Andrographis paniculata (net)

Selain di Indonesia, sambiloto juga bisa ditemukan di India, Asia Tenggara, dan China bagian selatan.

Sambiloto dikenal juga dengan nama pepaitan, takila, sadilata, ki oray, ki peurat, dan sambilata. Sambiloto dikenal sebagai obat tradisional yang memiliki banyak manfaat untuk mengatasi penyakit.

Baca juga: Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Bagi Penderita Diabetes, Sebaiknya Hindari!

Dilansir dari Badan POM, sambiloto dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang amandel, borok, tifus, demam, gatal-gatal, Diabetes, radang usus buntu, eksim, dipteria, siphilis, dan lain-lain.

Kandungan utama sambiloto adalah senyawa diterpen, di antaranya adalah andrographolide, 14-deoxyandrographolide (DA), dan 12-didehydroandrographolide (DDA). Selain berbagai senyawa deterpen tersebut, senyawa flavonoid juga ditemukan dalam sambiloto.

Resep obat tradisional dari sambiloto Dilansir dari Balitbang Pertanian, Kementerian Pertanian, berikut adalah resep obat tradisional dari sambiloto untuk berbagai penyakit.

1. Gatal-gatal

Ilustrasi
Ilustrasi (IST)

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 gram daun sambiloto, 1 gram jahe, 1 gram ngokilo, dan 1 gram akar wangi.