Kolaborasi dengan Puskesmas Sukarasa, Portkesmas Perkuat Kader Kesehatan Kelurahan Sukarasa dengan Materi Komunikasi Antar Pribadi
By: Date: 26 Juni 2023 Categories: puskesmas

24 Juni 2023 – Portal Kesehatan Masyarakat atau Portkesmas kembali melatih kader kesehatan  yang bertajuk pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP). Kegiatan kali ini merupakan kolaborasi Portkesmas bersama Puskesmas Sukarasa, Kota Bandung yang menghadirkan lebih dari 30 kader-kader kesehatan dari 9 posyandu se-Kelurahan Sukarasa dan dibuka oleh Bapak Suharyanto selaku Sekretaris Camat Kecamatan Sukasari. Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian jambore kader posyandu kelurahan Sukarasa. 

Naaila Afifah Mahali selaku Spesialis Program Portkesmas menyambut baik undangan kolaborasi dari Puskesmas Sukarasa melalui ibu Irma sebagai kelanjutan dari kegiatan pelatihan KAP yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Bandung bersama Portkesmas pada 20 Maret 2023 lalu. “Kegiatan pelatihan KAP yang merupakan 1 dari 25 kompetensi kader penting untuk menjadi penyegaran karena kader adalah ujung tombak perpanjangan tangan Puskesmas di tengah masyarakat.”, pungkasnya. 

Kegiatan pelatihan ini difasilitasi oleh dr. Dhea Mangun, Nur’aini Exie Kusuma Wardani, Naaila Afifah Mahali, dan dr. Aditya Putra. Pelatihan meliputi bermain peran, pengenalan prinsip dasar KAP, serta diakhiri dengan sesi praktek dimana peserta diberikan kesempatan mengedukasi dengan menerapkan prinsip yang telah dibahas bersama. Alat bantu seperti modul, permainan, dan contoh kasus juga diberikan kepada peserta yang dapat digunakan untuk menerapkan KAP di tengah masyarakat. 

Dalam membangun keakraban dengan warga, peserta diingatkan pentingnya menjaga komunikasi dengan masyarakat dengan sumber informasi yang shahih. dr. Dhea Mangun selaku Spesialis Komunikasi Portkesmas menyampaikan bilamana didapat pertanyaan dari masyarakat yang belum bisa dijawab oleh kader, jangan sungkan untuk mencari jawabannya lebih dahulu sebelum menjawab masyarakat. “Agar lebih percaya diri dalam mengedukasi masyarakat, penting untuk kita mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan ilmu dan pengetahuan. Tapi bila didapat pertanyaan yang tidak dapat dijawab, ambillah waktu untuk berkoordinasi dengan dokter dan tenaga kesehatan di Puskesmas sebelum kemudian menjawab masyarakat di kesempatan lain.”, tambah dr. Dhea. 

Edukasi kepada masyarakat haruslah berprinsip kepada usaha terjadinya perubahan perilaku. dr. Aditya Putra selaku Direktur Program Portkesmas menyampaikan bahwa di akhir penyampaian komunikasi kesehatan kepada masyarakat, harus diakhiri dengan penguncian komitmen yang berasal dari masyarakat. “Kunci komitmen bukanlah dicapai dengan kita bertanya dengan jawaban mau atau tidak dan ya atau tidak, saja. Tetapi masyarakat harus bisa mengulang pesan kunci dari perubahan perilaku yang diharapkan.”, ungkap dr. Aditya.

Nur’aini Exie mengajak kader-kader posyandu untuk dapat menerapkan apa yang sudah didapat dalam situasi baik penyuluhan individu maupun kelompok. “Permainan ada banyak tapi dapat digunakan lebih banyak dalam penyuluhan kelompok. Sementara itu untuk penyuluhan individu, bangun keakraban dapat dicapai dengan prinsip-prinsip yang justru lebih bisa mendekatkan 1 pribadi dengan pribadi yang lain, seperti obrolan informal, mencari simpul, dan komunikasi non-verbal.”, tambah Exie.

Kegiatan yang dihadiri kader posyandu se-Kelurahan Sukarasa tersebut penuh dengan keseruan dan partisipasi aktif. “Kita sering mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang isi dari materi kesehatannya tapi untuk metode atau cara menyampaikan informasi kepada masyarakat, baru kali ini. Kegiatan hari ini alhamdulilah sangat bermanfaat dan memberikan kami para kader kemampuan untuk dapat menyampaikan informasi dengan cara yang lebih dapat diterima masyarakat.” ungkap salah satu peserta, Ibu Nurhayati.

Pelatihan ini menggunakan modul KAP yang didesain oleh Risang Rimbatmaja dari UNICEF Indonesia. Setelah sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan di Kota Bandung, Kabupaten Kulon Progo, Kota Surabaya, Kabupaten Pacitan, Kota Makassar, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Trenggalek dengan diikuti total lebih dari 900 peserta, kini kegiatan pelatihan KAP diadakan dalam kolaborasi dengan Puskesmas Sukarasa, Kota Bandung.

Mengenai Portkesmas

Portkesmas atau Portal Kesehatan Masyarakat merupakan organisasi nonpemerintah yang aktif melakukan advokasi secara multi stakeholder untuk memperoleh dukungan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui berbagai program yang dilakukan.

Fokus Portkesmas saat ini adalah dalam penguatan lima pilar Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) esensial yakni :

  • Promosi Kesehatan.
  • Kesehatan Lingkungan.
  • Kesehatan Ibu, Anak, dan Keluarga Berencana.
  • Gizi.
  • Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Pendekatan advokasi dan edukasi yang dilakukan Portkesmas juga melalui kolaborasi multi stakeholder dalam ranah literasi digital dan tata kelola Internet guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis masyarakat Indonesia di era digital. Maka dengan demikian transformasi digital di Indonesia akan menjadi hal tak terpisahkan dalam penguatan lima pilar UKM esensial. Ikuti langkah Portkesmas dalam menguatkan upaya kesehatan masyarakat di www.portkesmas.com 

#portkesmas

https://portkesmas.com/2023/06/26/kolaborasi-dengan-puskesmas-sukarasa-portkesmas-perkuat-kader-kesehatan-kelurahan-sukarasa-dengan-materi-komunikasi-antar-pribadi/