Kreativitas helikopter kini terdengar di Mars | Sains dan Planet – MATARAMINSIDE.COM
By: Date: 8 Mei 2021 Categories: Sains

Badan penerbangan AS memposting gambar baru di Twitter dari robot enam roda selama penerbangan Ingenuity keempatnya pada 30 April, kali ini disertai dengan suara. Video berdurasi tiga menit ini dimulai dengan angin bertiup di atas Kawah Jizero, saat mereka turun pada tanggal 18 Februari untuk menemukan jejak kehidupan mikrobiologis masa lalu.

Namun, helikopter tidak dapat didengar dengan baik, karena Perseverance mengambil foto dari jarak sekitar 80 meter. Selain itu, atmosfer tipis dan berangin di Mars menghasilkan suara yang teredam. Tetapi bahkan sedikit yang bisa didengar “adalah tambang emas untuk pemahaman yang lebih baik tentang atmosfer Mars,” kata para ilmuwan.

Bara’a (Ibdaa) yang memiliki berat 1,8 kilogram juga berhasil menyelesaikan penerbangan kelimanya pada hari Jumat. Itu adalah penerbangan satu arah pertama dari helikopter kecil, dan dengan demikian tidak kembali ke titik awal.

Untuk helikopter Mars yang pernah diangkut oleh NASA, kondisi di Mars sangat ekstrim. Rotor harus melakukan lebih dari 2.500 putaran per menit melalui atmosfer yang longgar, kira-kira 1 persen dari yang ada di tanah, untuk ketinggian di atas permukaan tanah. Selain itu, energi matahari berkurang dan baterai mengalami suhu rendah di malam hari, karena merkuri dapat turun hingga minus 90 derajat.