Lembut di Kulit, Ini 10 Merk Tisu Basah yang Aman untuk Bayi
By: Date: 7 Juni 2023 Categories: Perawatan Bayi

Ada banyak daftar perlengkapan bayi yang perlu Anda siapkan sejak sebelum si Kecil lahir. Selain baju atau popok yang utama, jangan lupakan tisu basah. Namun, pastikan Anda memilih tisu basah yang aman untuk bayi agar kesehatan kulitnya tetap terjaga.

Jika Anda masih bingung harus pilih yang mana, simak rekomendasi tisu basah terbaik untuk bayi di bawah ini.

Cara kami memilih tisu basah yang aman dan bagus untuk bayi

Tisu basah sering digunakan saat mengganti popok bayi untuk membersihkan kulit dari sisa urine atau feses yang menempel.

Tisu basah juga terkadang digunakan untuk membersihkan tangan dan wajah bayi, terutama sebelum dan saat akan makan.

Nah karena sering digunakan, Anda perlu memastikan tisu basah yang digunakan aman untuk kulit bayi.

Apalagi, kulit bayi lebih tipis dan rapuh ketimbang orang dewasa. Area kulit sekitar popok pun rentan terhadap iritasi karena terus menerus lembap dan terkena iritan dari urine dan feses.

Setidaknya, tisu basah bayi yang Anda pilih harus bebas dari alkohol (non-alkohol) karena dapat mengiritasi kulit.

Pastikan juga tisu basah untuk si Kecil tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti paraben, phenoxyethanol, formaldehyde, phthalates, klorin, serta bahan PEG.

Bila perlu, melansir jurnal Pediatric Dermatology, pilih produk tisu basah yang dapat mempertahankan pH kulit bayi yang sedikit asam.

Hal yang juga penting, yaitu memilih tisu yang hipoalergenik serta berbahan lembut yang dapat mengurangi kerusakan kulit akibat bergesekan dengan tisu.

Dengan berbagai pertimbangan di atas, kami memberikan sejumlah rekomendasi merk tisu basah yang aman dan bagus untuk bayi, termasuk bayi yang baru lahir.

[summary title=”Perlu Anda Ketahui”]

Anda juga bisa memilih produk tisu basah yang tanpa pewangi atau fragrance free, terutama bagi bayi yang memiliki kulit sensitif karena biasanya lebih rentan menimbulkan iritasi.

[/summary]

Rekomendasi merk tisu basah yang aman dan bagus untuk bayi

Berikut adalah rekomendasi tisu basah bayi terbaik yang bisa Anda jadikan pertimbangkan sebelum membelinya.

1. Mitu Baby Antiseptic Wipes

Mitu Baby Antiseptic Wipes mengandung tea tree oil dan ekstrak chamomile yang berfungsi sebagai antiseptik alami, sehingga diklaim dapat melindungi kulit si Kecil dari kuman.

Produk tisu basah yang satu ini pun telah teruji hipoalergenik serta non-alkohol, sehingga aman untuk kulit bayi dari iritasi dan alergi.

Tekstur embossed-nya pun membuat produk ini mengklaim mampu membersihkan kulit bayi secara maksimal.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: PKD 20501911132

2. MamyPoko Antiseptic Baby Wipes

Dengan kandungan air murni dan non-alkohol, MamyPoko Antiseptic Baby Wipes diklaim lebih lembut dan aman untuk membersihkan kulit bayi.

Ekstrak teh hijaunya juga berperan sebagai antiseptik alami yang disebut efektif membunuh hingga 99% bakteri di kulit bayi.

Merek tisu basah ini pun telah teruji secara dermatologi, sehingga dapat menjadi salah satu produk perawatan kulit bayi Anda.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: PKD 20501510635

3. Kodomo Baby Wipes Rice Milk

Kodomo Baby Wipes Rice Milk mengklaim produknya ini dapat membersihkan area kulit yang tertutup popok serta tangan dan bagian kulit lainnya secara maksimal.

Produk tisu basah ini pun tidak mengandung alkohol serta telah teruji secara klinis, sehingga aman, lembut, dan bagus untuk kulit bayi.

Dilengkapi dengan vitamin E serta ekstrak rice milk, produk dari merek Kodomo ini juga diklaim bisa menjaga kelembapan kulit bayi Anda.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: PKD 20501910579

4. Zwitsal Sensitive Baby Wipes

Dengan formulanya yang selembut air, Zwitsal Sensitive Baby Wipes mengklaim produk tisu basah bayinya ini cocok untuk bayi baru lahir serta yang memiliki kulit sensitif.

Merek tisu basah ini juga telah teruji secara klinis oleh dokter anak dan dermatologi, sehingga aman untuk digunakan saat mengganti popok atau setelah beraktivitas sehari-hari.

Formulanya pun disebut lembut, non-alkohol, serta antibakteri, sehingga dapat membersihkan dan melindungi kulit bayi Anda secara maksimal.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: NA54200100004

5. Cussons Baby Wipes Pure & Gentle

Cussons Baby Wipes Pure & Gentle merupakan salah satu produk tisu basah yang diklaim cocok untuk bayi baru lahir karena formulanya yang lembut.

Dengan kandungan air alami (pure water), produk ini dapat membersihkan kulit bayi hingga tiga kali lebih bersih dibandingkan dengan tisu basah biasa.

Teruji hipoalergenik serta tidak mengandung alkohol, pewarna, dan pewangi, Cussons Baby Wipes Pure & Gentle diklaim aman untuk kulit bayi yang sensitif dan tidak menyebabkan iritasi.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: NA18200100708

6. Mommy Time Baby Care Soft Wipes

Rekomendasi tisu basah untuk bayi lainnya, yaitu Mommy Time Baby Care Soft Wipes.

Produk ini mengandung bahan antibakteri yang diklaim khusus untuk membersihkan area kulit di bawah popok.

Tanpa alkohol dan pewangi, merek tisu basah ini disebut aman untuk kulit bayi. Kandungan Aloe vera dan vitamin E-nya pun dapat membantu menjaga kelembapan kulit si Kecil.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: NA18210108536

7. Pigeon Baby Wipes Pure Water

Menggunakan bahan yang lembut, Pigeon Baby Wipes Pure Water dapat mengangkat kotoran di bawah popok secara maksimal dengan tetap memberikan kenyamanan untuk kulit bayi.

Merk tisu basah Pigeon juga telah melalui uji mikrobiologi untuk menjamin produknya telah bebas dari lima bakteri patogen yang berbahaya bagi kulit bayi, terutama ruam popok.

Kandungan tanpa parfum, paraben, dan alkoholnya juga membuat produk ini disebut dapat membantu mengurangi timbulnya iritasi pada kulit bayi.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: PKL 10104557858

8. Pure Baby Cleansing Wipes Tea Olive

Pure Baby Cleansing Wipes Tea Olive mengklaim produknya ini dapat membersihkan serta membunuh bakteri pada area di bawah popok serta bagian kulit lainnya dengan zat aktif alami.

Mengandung vitamin E dan tea olive, produk ini disebut dapat memberikan wewangian secara alami, sehingga kulit bayi tampak segar serta tetap halus dan lembut.

Pure Baby Cleansing Wipes Tea Olive juga memiliki pH 5,5 yang sesuai dengan kadar keasaman kulit bayi yang sensitif.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: PKL 20501210281

9. Pokana Sanitizing Wipes

Pokana mengklaim bahwa Pokana Sanitizing Wipes merupakan produk dengan inovasi baru karena menggunakan bahan 99% air asli.

Tisu basah ini pun disebut bebas dari alkohol, paraben, dan pewangi, berbahan antiseptik, serta memiliki formula yang ringan, sehingga aman dan tetap lembut untuk kulit bayi.

Pokana Sanitizing Wipes juga menggunakan kadar pH seimbang agar cocok digunakan untuk kulit bayi yang cenderung sensitif.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: PKL 20501020282

10. Olaif Gentle Care Baby Wipes

Tidak hanya area kulit di bawah popok, Olaif Gentle Care Baby Wipes juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah, bibir, tangan, dan badan bayi, serta peralatan makan dan mainan si Kecil.

Ekstrak Aloe vera dalam produk ini pun disebut dapat melembapkan dan menyegarkan kulit secara alami.

Formulasinya pun lembut serta tanpa bahan berbahaya. Ini di antaranya alkohol, paraben, triclosan, sulfat, serta pewarna dan pewangi sintetis yang telah terbukti menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Nomor BPOM/NIE Kemenkes: PKL 10101120273

Itulah beberapa rekomendasi merk tisu basah yang aman dan bagus untuk bayi. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit buah hati Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/parenting/bayi/perawatan-bayi/tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss