Lihat Fenomena Pengobatan Ibu Ida Dayak Luruskan Tulang Bengkok, Dokter Ortopedi Ungkap Ada Kondisi Non Union, Apa Itu?
By: Date: 5 April 2023 Categories: Uncategorized

Suara.com – Nama Ibu Ida Dayak tengah menjadi sorotan karena kemampuannya yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari patah tulang, tulang bengkok bisu, tuli, saraf kejepit, hingga stroke.

Dalam video yang beredar di media sosial, para pasien yang datang ke pengobatan alternatif Ibu Ida Dayak dilaporkan kembali normal seperti sedia kala dalam waktu yang singkat.

Bahkan, ia terlihat bisa meluruskan tulang seorang wanita yang bengkok setelah mengurutnya dengan minyak bintang, sejenis minyak urut asli Dayak. Hal inilah yang membuat popularitasnya kian meningkat. 

Meski begitu, hingga saat ini, ‘kesaktian’ Ibu Ida Dayak masih menjadi perdebatan. Menanggapi fenomena yang tengah menghebohkan di masyarakat, dokter spesialis ortopedi, dr Asa Ibrahim Zainal Asikin, Sp.OT memberikan penjelasan medis terkait video yang tengah viral saat ini.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Pesulap Merah Meninggal Terkena Santet? Inilah Nasibnya di Tangan Ibu Ida Dayak

Menurut dr Asa Ibrahim, kondisi tersebut dimungkinkan terjadi, karena wanita yang melakukan pengobatan oleh Ibu Ida Dayak mengalami non union, yakni komplikasi dari patah tulang dimana tidak terjadi penyambungan tulang atau proses penyembuhan patah tulang terhenti sama sekali.

Hal tersebut kata dia akan membentuk sendi palsu atau pseudoarthrosis, yang merupakan kegagalan tulang untuk menyatu. Di mana, pembentukan sendi palsu ini memungkinkan tulang berbelok-belok ke arah yang salah.

“Biasanya itu terjadi karena ada patah tulang yang tidak ditangani dengan baik sehingga tulangnya tidak menyatudan bisa bergerak antara segmen tulang yg patah,” jelasnya dalam video yang diunggah di TikTok. 

Sambil memperlihatkan kasus serupa, dr Asa mengatakan, penderi non union ini memang sudah dalam tahap tak lagi merasakan nyeri pada tulang yang patah tersebut. Sehingga saat tulangnya digerakkan bolak-balik, ia merasa santai, bahkan bisa sambil memainkannya dengan tertawa-tawa.

Pada kasus Ibu Ida Dayak, sendi palsu yang membuat tulang menjadi bengkok memang terlihat bisa diluruskan kembali. Namun, saat itu ia sempat tak sengaja membawanya ke samping, sehingga si tulang kembali terlihat terbawa kembali. 

Baca Juga: CEK FAKTA: Pesulap Merah Dibuang ke Sungai Usai Berlagak Bongkar Kesaktian Ibu Ida Dayak

“Nah kalau temen-temen lihat di bagian itu. Di bagian akhirnya ada bapak-bapaknya tuh yang melihat bahwa setelah lurus, tangannya gak sengaja kebawa ke samping, terus tangannya kan jadi bengkok lagi dan harus dipegangin sampai akhir,” ucapnya. 

Ibu Ida Dayak pun terlihat berusaha meluruskan tulang tersebut, dan mengikatnya dengan sebuah lap di akhir video, agar tulang terlihat lurus. Padahal saat itu kondisinya, sendi palsu masih memungkinkan tulang untuk bergerak ke segala arah. 

“Kalo ga dipegangin ya akan meleot lagi tulangnya, knapa? Karena memang penyakitnya non union kalo tulangnya gagal menyatu, jadi sebaiknya segera berobat ke dokter untuk difiksasi dibenerin tulangnya supaya tegak lagi,” tegasnya. 

https://www.suara.com/health/2023/04/05/105835/lihat-fenomena-pengobatan-ibu-ida-dayak-luruskan-tulang-bengkok-dokter-ortopedi-ungkap-ada-kondisi-non-union-apa-itu