Manfaat Daun Jati Cina, Sebagai Obat Diet Hingga Pencahar Alami – HarapanRakyat.com
By: Date: 3 Agustus 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Manfaat daun jati Cina bagi sebagian besar kalangan mungkin kurang dipahami. Berdasarkan sebuah penelitian, daun jati Cina adalah salah satu jenis obat herbal yang diyakini bisa membantu menurunkan berat badan dan mengatasi sembelit.

Pada umumnya, bahan herbal satu ini cara mengkonsumsinya dalam bentuk Teh. Daun jati cina mempunyai kandungan serat yang bermanfaat untuk menghambat penyerapan lemak serta kolesterol.

Baca Juga: Manfaat Daun Patikan Kebo untuk Kesehatan, Bisa Obati Asma!

Mengetahui Manfaat Daun Jati Cina

Jati Cina atau jati Tiongkok dengan istilah Senna Alexandrina atau daun Senna, memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Daun ini memiliki bermanfaat untuk pengobatan herbal serta menurunkan berat badan.

Saat ini, teh dari daun jati Cina banyak Anda temukan di pasar-pasar atau toko kecantikan. Khasiat teh daun jati Cina dalam dunia kesehatan memang tidak perlu Anda ragukan lagi.

Bahkan teh herbal satu ini berkhasiat sebagai bahan dasar pada dunia kecantikan untuk membantu menyehatkan serta merawat kecantikan kulit. Selain itu, terdapat beragam manfaat lain yang terkandung di dalam ramuan teh jati cina antara lain:

Salah satu khasiat paling populer teh daun jati Cina adalah untuk menurunkan berat badan. Bagi mereka yang tengah berupaya untuk menurunkan berat badan sering mengkonsumsi teh satu ini untuk membantu mencapai target berat badan ideal.

Mengkonsumsi teh daun jati Cina yang beriringan dengan olahraga rutin juga mampu memberikan manfaat untuk mengecilkan perut buncit.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor, Pohon Ajaib Andalan WHO

Membersihkan Usus Besar

Manfaat mengkonsumsi teh daun jati Cina selanjutnya adalah untuk membersihkan usus besar. Pengobatan tradisional di negeri Cina telah banyak menggunakan teh daun jati Cina untuk mendorong berbagai sisa makanan yang telah terakumulasi oleh saluran pencernaan.

Sebagai Obat Pencahar Alami

Manfaat daun jati Cina berikutnya adalah sebagai obat penyakit sembelit. Hal ini karena daun jati Cina mempunyai efek laksatif yang cukup kuat serta dapat merangsang usus besar untuk berkontraksi serta menimbulkan dorongan untuk buang air besar.

Namun perlu Anda ketahui, meskipun mempunyai efek laksatif yang cukup kuat serta terbukti ampuh mengatasi konstipasi, teh ini tidak disarankan sebagai obat utama untuk mengatasi konstipasi kronis.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Teh daun jati Cina dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan meningkatkan sel darah putih yang bisa memerangi patogen penyebab timbulnya penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi untuk Pria yang Penting Diketahui

Mencegah Perkembangan Bakteri

Selanjutnya teh daun jati Cina mempunyai sifat antibakteri yang dapat memperlambat berkembangbiaknya bakteri. Apabila memperoleh dukungan dengan sistem kekebalan tubuh yang efisien, maka sebagian besar infeksi bisa segera tertangani secara lebih efektif.

Dari balik ragam manfaat daun jati Cina bagi kesehatan tubuh, terdapat beberapa aturan penting yang perlu Anda perhatikan agar tetap aman. Salah satunya adalah dengan tetap membatasi porsi dalam mengkonsumsi bahan herbal satu ini. Konsumsi teh daun jati Cina sebaiknya tidak Anda lakukan secara terus menerus. Karena apapun yang Anda konsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh. (R10/HR-Online)